Di Thailand, Kesehatan Haji Juga Jadi Bahasan Penting
Kamis , 29 Nov 2018, 15:16 WIB

saudigazette
Jamaah haji Thailand.

IHRAM.CO.ID, YALA — Persoalan kesehatan merupakan salah satu hal penting bagi para jamaah haji. Pembahasan kesehatan jamaah haji tak hanya menjadi ritual tahunan umat Muslim di Indonesia, tetapi juga di Thailand. 

Muslim Thailand di Provinsi Yala selatan menghadiri pertemuan pembahasan masalah kesehatan haji. Pertemuan Forum Haji itu diinisiasi Dinas Kesehatan Provinsi Yala.

Dilansir di Chiang Rai Times pada Rabu (28/11), Forum Haji menjadi ajang bertukar pengalaman tentang jamaah haji dan belajar masalah kesehatan. 

Kegiatan yang diselenggarakan pada Selasa (27/11) lalu, dihadiri sekitar 200 calon jamaah haji (calhaj) yang sudah berencana bertolak ke tanah suci tahun depan.

Deputi Gubernur Yala, Nima Makaje menjelaskan calhaj belajar tentang instruksi perawatan kesehatan, seperti pencegahan penyakit menular dan pemeriksaan kesehatan.

Dalam pertemuan Forum Haji itu, peserta juga diberi pengetahuan tentang peraturan untuk memastikan perjalanan aman serta, kewajiban untuk jamaah haji.

Pelatihan dan pemberian instruksi dilakukan oleh 115 sukarelawan kesehatan di daerah itu. Setiap tahun, sebanyak 1.000-1.300 Muslim di Yala bertolak ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji.  

Redaktur : Nashih Nashrullah
Reporter : Umi Nur Fadhilah

BERITA LAINNYA