Kemenag Riau Pelajari Kesiapan Embarkasi Bengkulu
Rabu , 07 Nov 2018, 21:55 WIB

Humas DPR
Ketua Tim Kunjungan Kerja Komisi VIII DPR RI Deding Ishak meninjau lokasi Embarkasi Haji Antara, di Pekanbaru, Riau.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Riau mempelajari kesiapan embarkasi ke Kemenag Bengkulu untuk mematangkan kesiapan embarkasi Haji Antara di Provinsi Riau yang dijadwalkan beroperasi 2019.

"Embarkasi Haji Antara Riau dijadwalkan bisa beroperasi 2019 sehingga Riau butuh berbagai pengalaman ke provinsi tetangga, yang lebih dulu memiliki embarkasi haji sebagai referensi," kata Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah, Kemenag Riau, Erizon dari Bengkulu, Rabu (7/11).

Menurutnya kunjungan komparasi dilakukan pada 7 hingga 11 November 2018, dengan membawa anggota rombongan dari Riau yakni Asisten Pemerintah dan Setda Provinsi Riau, Kepala Biro Arm Kesra Setda Provinsi Riau, Kepala Dinas Perkim Provinsi Riau, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau, Kepala Dinas Kesehatan Riau.

Ia menyebutkan dalam rombongan yang akan menggali berbagai masukan bagi embarkasi haji Antara, tersebut juga diikuti Kepala KemenkumHAM, Kepala Kantor Imigrasi Kota Pekanbaru, GM Angkasa Pura II Bandara SSQ II Pekanbaru, Kepala Kantor Bea Cukai Pekanbaru, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan KKP Pekanbaru, Kapolresta Pekanbaru.

"Upaya untuk mewujudkan embarkasi haji Antara ini, sudah dimulai sejak 2016, sedangkan jumlah jamaah calon haji Riau yang diangkut mencapai 5.064 orang terdiri atas 11 kloter penuh dan kloter gabungan," jelasnya.

Oleh karena itu, kunjungan studi komparatif ini, dibutuhkan guna melihat langsung teknis persiapan dan pelayanan Jemaah Calon Haji (JCH) di embarkasi haji ANTARA, dengan harapan bisa terwujud tahun 2019.

Sementara itu, Kakanwil Bengkulu Drs.H.Bustasar saat menyambut kunjungan Tim Persiapan embarkasi haji Antara, Riau menyebutkan Bengkulu sudah menjadi embarkasi Antara sejak tahun 2013 dengan embarkasi induk Padang, Sumbar.

Menurutnya perjuangan untuk mewujudkan embarkasi Antara harus bekerja keras, kompak dan bersinergi antara Kanwil Kemenag dan pemprov serta instansi terkait.

Ia menekankan, bahwa kelengkapan asrama haji perlu menjadi perhatian serius, dan Kanwil Kemenag Bengkulu sangat mendukung segera terwujudnya embarkasi haji Antara di Riau.

"Suksesnya pelayanan di embarkasi Antara selama ini merupakan bukti sinergitas dengan seluruh instansi dan pihak terkait dalam upaya pelayanan haji kepada jamaah," kata Bustasar.

Redaktur : Agung Sasongko
Sumber : Antara