Komisi Haji Nigeria Minta Pendaftaran Haji 2019 Dibuka
Sabtu , 20 Oct 2018, 14:03 WIB

REUTERS/Ahmad Masood/
Jamaah haji beribadah mengelilingi Kabah di Masjidil Haram menjelang puncak ibadah haji di Makkah, Selasa (22/9).

IHRAM.CO.ID, ABUJA -- Komisi Haji Nasional Nigeria (NAHCON) mendesak negara bagian memulai pendaftaran aplikasi ibadah haji 2019. NAHCON menargetkan semua pembayaran ibadah haji berakhir pada Februari 2019.

Dilansir di Daily Trust pada Jumat (19/10), hal itu dinyatakan dalam pertemuan pascapenyelenggaraan haji dengan Kepala Eksekutif Dewan Kesejahteraan Jamaah Muslimah Negara (SPWBs). Pertemuan tersebut meninjau tantangan utama ibadah haji 2018, serta mencari solusi.

Dalam pertemuan itu, NAHCON menekankan adanya masalah soal terlambatnya jamaah yang mendaftar haji adalah kemunduran dalam operasi haji. Karena itu, pertemuan itu memutuskan semua dewan kesejahteraan negara bagian harus memulai pendaftaran ibadah haji melalui sistem dalam jaringan (daring).

NAHCON mengatakan calon jamaah yang mengajukan aplikasi melalui sistem daring harus menyetorkan biaya awal sebesar 500 naira (sekitar Rp 208 ribu). Biaya itu masuk dalam total ongkos ibadah haji.

NAHCON menekankan tidak ada biaya tambahan yang dikenakan untuk pembelian formulir aplikasi haji. Sebab, pendaftaran dengan mengajukan formulir kertas sudah usang.

Redaktur : Ani Nursalikah
Reporter : Umi Nur Fadhilah