Menag Dijadwalkan Lepas Kepulangan Kloter Terakhir
Ahad , 23 Sep 2018, 21:41 WIB

Antara/Hafidz Mubarak A
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengikuti rapat kerja dengan Komisi VIII DPR di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/9).

IHRAM.CO.ID, MADINAH -- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dijadwalkan melepas kloter terakhir jamaah haji Indonesia yang dipulangkan melalui Bandara King Abdulaziz Madinah pada Selasa (25/9) malam. Agenda itu serangkaian dengan tibanya Menag di Tanah Suci atas undangan Kerajaan Arab Saudi.

"Kami sudah siapkan seremonial pemulangan jamaah haji kloter terakhir di Bandara Madinah sekaligus ada acara serah terima penghargaan kepada imigrasi Arab Saudi dari Pak Menteri," ujar Kepala Daker Airport Arsyad Hidayat di Madinah, Ahad (22/9).

Selama di Tanah Suci, menurut Arsyad, Menteri Agama akan mengikuti materi rapat dan agenda kunjungan.

Arsyad menuturkan tentang rencana Menag menghadiri undangan dari Kerajaan Arab Saudi untuk menyaksikan proses pencucian Ka'bah. Selasa (25/9) pagi, menurutnya Menteri Agama akan menghadiri pencucian Ka'bah dan sorenya langsung ke Madinah. Menag akan berada di Arab Saudi selama lima hari dengan beberapa agenda kedinasan.

Menurut jadwal kunjungan yang diterbitkan Kementerian Agama, Menag tinggal landas dari Jakarta pada Ahad (22/9) pukul 11.00 WIB dan akan tiba di Jeddah pada 18.35 waktu setempat. Setelah beristirahat sejenak di Jeddah, Menag akan menuju ke Makkah pada Senin (24/9) dini hari dan siangnya menggelar rapat penyelenggaraan haji.

Selama di Madinah ada dua agenda yang akan diselesaikan Menag. Pada Selasa (25/9) sore, Menag akan melepas pemulangan kloter JKG-63 dari Bandara Amir Muhammad bin Abdulaziz Madinah. Sedangkan Rabu (26/9) Menag akan melakukan rapat evaluasi pemulangan jamaah bersama Daker Madinah dan Daker Airport.

Rapat tersebut akan membahas kondisi termutakhir pemulangan jamaah haji, dan data jamaah yang masih dirawat di rumah sakit Arab Saudi.

"Rapat juga membahas penjajakan awal sewa akomodasi untuk haji tahun depan," kata Arsyad.

Setelah memimpin rapat evaluasi pemulangan jamaah haji dari Madinah, Menag akan menuju Jeddah untuk kembali ke Tanah Air. Jadwal take off dari Bandara King Abdulaziz Jeddah pukul 19.05 waktu setempat dan dijadwalkan tiba di Jakarta pada Kamis (27/9) pukul 09.00 WIB.

Menurut Kasi Media Center Haji Daker Bandara, Abdul Basir, ini pertama kalinya Menteri Agama melepas jamaah haji pada pemulangan terakhir.

"Biasanya, pelepasan jamaah terakhir dipimpin sekretaris jenderal Kementerian Agama di hotel sebelum jamaah didorong ke bandara," kata dia.

Redaktur : Hazliansyah
Reporter : Fitriyan Zamzami