Saudi Uji Coba Aplikasi Waktu Tawaf
Rabu , 29 Aug 2018, 15:32 WIB

Zohra Bensemra/Eeuters
Seorang jamaah berdoa di dekat Kabah.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menguji coba sebuah aplikasi untuk mengetahui waktu terbaik bagi jamaah melakukan tawaf ifadah. Tawaf ifadah adalah ritual resmi terakhir dari haji.

Inisiatif baru ini bertujuan mengatur pengelompokan jamaah yang pergi ke Masjid al-Haram untuk tawaf ifadah. Dilansir di Al-Arabiya, Selasa (28/8), Ketua pendirian tawafa untuk Muslim dari Turki, Eropa, Amerika dan Australia, Tariq Anqawi mengatakan aplikasi ini lebih banyak dimanfaatkan di akhir-akhir musim haji.

"Keinginan itu disampaikan kepada Kementerian Haji dan Umrah untuk mempertimbangkan dan menyetujui," katanya.

Anqawi mengatakan pengelompokan jamaah untuk tawaf ifadah tahun ini termasuk dalam 12 tahap pengelompokan. Aplikasi baru ini akan membantu para mutawifeen mengetahui kapan waktu yang lebih disukai jamaah mereka untuk pergi ke Masjid al-Haram untuk tawaf ifadah.

Ketua pendirian tawafa untuk jamaah Asia Tenggara, Mohammed Amin Anderqairi mengatakan tawafa akan berkomitmen pada jadwal pengelompokan yang dirumuskan oleh kementerian. Tetapi akan mencoba untuk mengakomodir keinginan jamaah sebanyak mungkin.

Dia mengatakan jamaah akan memasukkan jadwal yang mereka inginkan dalam aplikasi sebelum mereka tiba. Pesan dapat diteruskan ke kementerian untuk tindakan yang diperlukan.

"Sistem baru akan menjawab keinginan jamaah dan pada saat yang sama membantu dalam mengatur prosedur pengelompokan," tambahnya.

Redaktur : Ani Nursalikah
Reporter : Lida Puspaningtyas