Calhaj Nigeria Diperingatkan tak Bawa Obat Terlarang
Senin , 30 Jul 2018, 19:03 WIB

Daily Trust
Jamaah haji Nigeria terbang menggunakan maskapai Max Air.

IHRAM.CO.ID, ABUJA -- Para peziarah Muslim yang berniat mengikuti haji tahun ini di Arab Saudi telah diperingatkan untuk tidak membawa obat-obatan terlarang serta mengikuti aturan yang telah ditetapkan dan tidak melawan otoritas Arab Saudi. Managing Director Hajj Mabrur Ventures Limited, Alhaji Ahmed Solate, memberikan saran di Abuja pada Ahad (29/7) di Seminar Haji tahunan untuk para jamaah organisasi yang akan berangkat haji.

Dilansir Daily Trust, menurut Alhaji Solate, diwakili oleh Dr Abdulwasiu Olugbenga Garbadeen, haji melibatkan praktek yang hanya bisa dicapai dengan kesabaran dan patuh terhadap aturan, sehingga memperoleh pahala maksimal dari ibadah haji. “Para jamaah haji hendaknya menjadi ‘duta’ dari warga Nigeria dengan berperilaku yang baik. Mereka harus menunjukkan kedamaian, kepraktisan, dan kesabaran setiap saat. Mereka harus bertobat dengan tulus sebelum melaksanakan perjalanan. Banyak yang juga harus mulai melatih tubuh mereka karena ritual haji melibatkan aktivitas fisik,” katanya.

Garbadeen mengatakan, calon jamaah haji juga harus bersikap damai dalam berperilaku dan menghindari pembelian secara impulsif. Mereka dapat melakukan survei pasar untuk menghemat biaya dan juga untuk menghindari gangguan dalam melaksanakan ibadah yang merupakan alasan utama mereka melakukan haji.

Dia mengatakan agar para jamaah berdoa untuk pembangunan Nigeria. Para calon haji juga harus ingat bahwa mereka akan segera meninggalkan Arab Saudi dan kembali ke negaranya sehingga mereka harus berdoa untuk negara yang mereka inginkan.

Mr Labbo Sulaiman dari Badan Penegakan Hukum Narkoba Nasional (NDLEA) dan Bapak Mohammed Lawal dari Layanan Imigrasi Nigeria (NIS) dalam presentasi terpisah, mendesak para jamaah haji untuk terus waspada terhadap tindakan yang dapat membawa mereka ke keburukan. Terutama bahwa hal ini tidak hanya menyangkut pribadi mereka tetapi juga menyangkut bangsa mereka.

Imam, Masjid Dar-Salam Olowu, Abeokuta, Negara Bagian Ogun, Ustaz Olaoye Nurudeen, yang menyampaikan ceramah ritual haji, mendesak para peziarah untuk melakukan yang terbaik dalam ibadah dan menghindari gangguan-gangguan. 

Redaktur : Andi Nur Aminah
Reporter : mgrol105

BERITA LAINNYA