Nigeria Mulai Berangkatkan Calhaj ke Tanah Suci
Sabtu , 21 Juli 2018, 16:15 WIB

premiumtimesng
Calon jamaah haji Nigeria

IHRAM.CO.ID, ABUJA -- Nigeria mulai mengirim calon jamaah haji perdana ke Arab Saudi Sabtu (21/7) pukul 11.00 waktu setempat. Kepala Divisi Urusan Publik Komisi Haji Nasional Nigeria (NAHCON), Fatima Usara mengatakan penerbangan haji perdana melalui Bandara Internasional Nnamdi Azikwe, Abuja berangkat pukul 11.00 waktu setempat.

Ia mengatakan calhaj dari negara bagian Kogi menjadi jamaah pertama yang berangkat ke Tanah Suci. Calhaj berangkat menggunakan maskapai penerbangan MAX Air menuju Madinah. “NAHCON senang memberi tahu masyarakat bahwa registrasi data biometrik terus berkembang,” kata Usara dilansir di Vanguard, Sabtu (21/7).

Ia mengatakan kegiatan pengambilan data biometrik calhaj terus mengalami berkembangan signifikan. Ia menjabarkan, pada 19 Juli lalu, statistik menunjukkan sebanyak 17 ribu data telah terekam. Kemudian, sebanyak 5.000-an visa telah diproses. “Kami mengingatkan, proses perekaman data biometrik tidak dipungut biaya karena layanan Arab Saudi,” ujar dia.

Karena itu, Usara meminta calhaj yang dipungut biaya, segera mengambil kembali uangnya di pusat pengambilan data. Kemudian, ia juga meminta calhaj bersabar menunggu giliran undangan perekaman data biometrik. “Ini penting untuk menjaga ketertiban, mencegah stres, dan mengikuti pengaturan di lapangan untuk mengakomodasi sejumlah orang tertentu pada satu waktu,” ujar dia. 

Redaktur : Andi Nur Aminah
Reporter : Umi Nur Fadhilah