Bank Sumsel Babel Siapkan 1.900.000 Riyal Saudi
Jumat , 20 July 2018, 19:46 WIB

Republika/Prayogi
Karyawan menghitung mata uang Riyal Arab Saudi di salah satu Money Changer, Jakarta, Ahad (20/8).

IHRAM.CO.ID, PALEMBANG -- Setiap musim haji tiba, Bank Sumsel Babel selalu mempersiapkan mata uang riyal Saudi atau SAR untuk bekal dan kebutuhan calon jamaah haji selama menunaikan ibadah haji di Makkah dan Madinah. Pada musim haji 2018 Bank Sumsel Babel mempersiapkan stok mata uang riyal Saudi sebanyak 1.900.000 riyal. Adapun pecahan yang disediakan adalah 1, 5, 10, 50 dan 100 riyal. "Penukaran bisa dilakukan saat calon jamaah masuk asrama haji. Kami membuka konter penukaran di sana,” kata Direktur Utama Bank Sumsel Babel Muhammad Adil, Jumat (20/7).

Penukaran uang rupiah ke mata uang riyal menurut Muhammad Adil juga dilakukan di Bank Sumsel Babel Syariah terdekat. Bank Sumsel Babel tidak hanya mempersiapkan penukaran mata uang riyal pada cabang Bank Sumsel Babel Syariah yang ada di Sumatra Selatan (Sumsel).

“Penukaran juga dapat pada kantor cabang yang ada bagi calon jamaah haji dari dari Provinsi Bangka Belitung yang akan berangkat dari embarkasi Palembang,” ujarnya.

Untuk harga nilai tukar rupiah ke riyal menurut Muhammad Adil bisa dilihat pada website Bank Sumsel Babel setiap hari. “Pada keberangkatan kloter pertama 18 Juli lalu, harga 1 riyal sebesar Rp 4.231,” katanya.

Selain mempersiapkan penukaran uang riyal, Direktur Utama Bank Sumsel Babel memberi saran khusunya bagi calon jamaah haji yang menjadi nasabah bank milik Pemerintah Provinsi Sumsel dan Provinsi Babel tersebut untuk menggunakan kartu ATM Bank Sumsel Babel. Kartu ATM tersebut bisa dipakai menarik uang riyal pada mesin ATM yang ada di Saudi Arabia.

“Bagi jamaah nabah Bank Sumsel Babel yang menggunakan kartu ATM berlogo Visa bisa digunakan untuk menarik riyal selama berada di Makkah dan Madinah. Bagi yang belum memiliki kartu ATM berlogo Visa dapat segera mengganti kartunya di kantor cabang Bank Sumsel Babel terdekat,” kata Adil.

Redaktur : Andi Nur Aminah
Reporter : Maspril Aries