Saudi Gelontorkan Rp 218 Miliar untuk Pemeliharaan Jalan
Jumat , 20 Juli 2018, 04:55 WIB

Vox.com
Jalan raya masuk ke Makkah

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Kementerian Transportasi Arab Saudi menggelontorkan 73 juta riyal (sekitar Rp 281 miliar) untuk pemeliharaan jalan sepanjang 400 kilometer (Km) di Makkah. Langkah itu merupakan upaya persiapan menyambut musim haji 2018.

Dilansir di Saudi Gazette pada Rabu (18/7), pemeliharaan dilakukan di jalan-jalan Taif-Baha, Taif-Riyadh, Makkah-Taif, Taif-Hawiyyah, dan Al Hada. Pekerjaan pemeliharaan juga dilakukan di jalan menuju ibu kota dan tempat suci lainnya.

Kementerian juga memperbaiki rute penghubung menuju Haramain dan Briman-Hada Al-Shaam yang mengarah ke Makkah dari Jeddah. Selain itu, kementerian meningkatkan pencahayaan di jalan-jalan menuju tempat-tempat suci.

Bahkan, pemerintah meningkatkan sejumlah rambu jalan, seperti papan tanda, sinyal lalu lintas, tanda dan reflektor jalan, pengukur kecepatan, tanda-tanda peringatan di tikungan, dan lokasi berbahaya lainnya. Kementerian menerapkan teknologi getaran peringatan di bahu jalan di kedua arah. Lebih dari 1.000 Km dilengkapi dengan teknologi itu untuk meningkatkan keselamatan pengguna jalan.

Kementerian mengupayakan pemeliharaan sebagai langkah preventif proyek-proyek di Makkah dan tempat-tempat suci. Saat ini, pekerjaan perbaikan sedang berlangsung pada jembatan di Jalan Makkah-Hada dan tempat putaran di Al-Buhaitah. Kemudian, lampu-lampu jalan di situs-situs suci dan pusat jalan Al-Hijra Road juga ditingkatkan.

 

Pemerintah memberi izin pada 3.767 bangunan di Makkah sebagai lokasi pemondokan tamu Allah. Menurut sumber resmi, bangunan-bangunan tersebut mampu menampung 1,66 juta jamaah asing selama berada di Makkah.

Redaktur : Ani Nursalikah
Reporter : Umi Nur Fadhilah