Calon Jamaah Haji KBIH Masjid Nurul Iman Diberangkatkan
Rabu , 18 July 2018, 05:34 WIB

Dok KBIH Masjid Agung Nurul Iman
Para calon jamaah haji KBIH Masjid Agung Nurul Iman Padang siap berangkat ke Tanah Suci.

IHRAM.CO.ID,PADANG -- Sebanyak 157 calon jamaah haji (CJH) Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Masjid Agung Nurul Iman Padang dilepas berangkat ke Tanah Suci, Selasa (17/7) pagi. Semuanya tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 2 yang sejak beberapa bulan terakhir mematangkan persiapan di KBIH.

Pelepasan para jamaah ini langsung dilakukan Ketua Harian Pengurus Masjid Agung Nurul Iman, H Mulyadi Muslim Lc MA di Asrama Haji, Tabing, Kototangah, Padang. Para jamaah yakin, dengan pembekalan maksimal yang diberikan oleh para pembimbing, membuat mereka lebih siap mengarungi perjalanan reliji sekitar 40 hari itu.

Dalam pesan keberangkatannya, Mulyadi Muslim mengharapkan, semua jamaah menjaga kesehatan baik dalam perjalanan, maupun sesampainya di Medinah menuju Mekkah Al Mukaramah. Karena, dengan badan dan jiwa yang sehat, perjalanan ibadah haji akan lebih baik dan terasa kesakralannya.

“Jangan sampai memaksakan diri dalam beribadah selama di Madinah atau di Mekah. Itu sama halnya dengan menzalimi diri sendiri. Kami harapkan, jamaah KBIH Masjid Agung Nurul Iman, bisa menjadi contoh bagi jamaah-jamaah lain,” sebut Mulyadi dalam rilis yang diterima ihram.co.id, Selasa (17/7).

Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang itu   juga berpesan, semua jamaah patuh dan taat kepada pimpinan rombongan yang memimpin perjalanan. Karena itu itu maslahat (manfaat) sesuai dengan sunah dalam adab safar. “Insya Allah, jika semua telah menjalankan sesuai dengan aturan dan tuntunan, kami doakan jamaah mendapatkan haji mabrur,” kata Mulyadi diamini jamaah dan keluarga yang melepas.

photo

Para calon jamaah haji KBIH Masjid Agung Nurul Iman Padang dilepas untuk berangkat ke Tanah Suci, Selasa (17/7).

Mulyadi juga berpesan tentang pentingnya amal kebaikan jamaah calon haji sejak berangkat sampai pulang nanti. “Dengan niat yang tulus ikhlas semenjak berangkat, sampai kelak menjaga perubahan sikap mental sepulang berhaji, maka kemabruran hasil ibadah selama berada di Tanah Suci akan bisa didapat,” katanya.

Mulyadi menambahkan, saat ini kondisi Masjid Agung Nurul Iman semakin baik. Bahkan, dari segi kenyamanan beribadah, keamanan makin kondusif. “Dapat kita katakan, Masjid Agung sekarang sudah bisa diandalkan oleh Kota Padang untuk kegiatan-kegiatan keagamaan. Setiap waktu shalat juga selalu hidup dengan banyaknya jamaah yang hadir,” katanya.

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo mengapresiasi pengurus Masjid Agung yang kembali mengantarkan jamaah KBIH-nya menuju Tanah Suci. Dia berharap, tahun-tahun selanjutnya, KBIH terus disempurnakan dan menjadi referensi KBIH di Kota Padang. “Insya Allah, KBIH ini akan terus berkembang. Selamat menunaikan ibadah haji bagi jamaah, semoga menjadi haji mabrur,” kata Mahyeldi Ansharullah.

Redaktur : Irwan Kelana