Kloter Pertama Jakarta Berangkatkan 393 Calon Jamaah Haji
Selasa , 17 July 2018, 13:33 WIB

Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah calon jamah haji kloter pertama mengantre untuk perekaman biometrik di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Senin (16/7).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kloter pertama embarkasi Jakarta memberangkatkan sebanyak 393 calon jamaah haji. Mereka terdiri atas 169 laki-laki dan 224 wanita.

Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi Jakarta Tabrani menuturkan calon haji tersebut diberangkatkan dari Asrama Haji Pondok Gede, Cipayung, Jakarta, menuju ke Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 07.00 WIB. "Mereka berangkat ke tanah Suci sekitar pukul 09.20 WIB dengan perkiraan waktu perjalanan di pesawat sekitar sembilan jam menuju Madinah," kata Tabrani di Jakarta, Selasa (17/7).

Tabrani menuturkan sebelum diberangkatkan calon jamaah haji tersebut sudah dipastikan selesai urusan administrasi dan melalui pemeriksaan barang bawaan menggunakan mesin sinar X. Tujuannya untuk menghindari lolosnya benda tajam, mengandung cairan berbahaya dan barang lainnya yang mengkhawatirkan terbawa ke pesawat.

"Harapan kami seluruh jamaah yang diberangkatkan pada kloter awal ini lancar tidak menemui masalah, sehat semua dan dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik sehingga bisa menjadi haji yang mabrur," katanya.

Dari informasi yang didapatkan, untuk pemberangkatan kloter pertama embarkasi Jakarta ini, calon jamaah haji tertua berusia 91 tahun. Sedangkan yang termuda berumur 19 tahun.

Kloter pertama ini, diketahui merupakan bagian dari gelombang pertama pemberangkatan calon jamaah haji Indonesia yang akan berangkat menuju Madinah dengan jadwal terakhir pada 29 Juli 2018. Untuk gelombang kedua jamaah langsung mendarat di bandara Jedah yang akan pertama kali terbang pada 30 Juli 2018 dengan akhir pemberangkatan pada 15 Agustus 2018. 

Redaktur : Andi Nur Aminah
Sumber : Antara