Pesawat Angkutan Jamaah Embarkasi Palembang Sudah Tiba
Selasa , 17 Juli 2018, 13:05 WIB

Antara/Feny Selly
Calon jamaah haji kloter pertama Embarkasi Palembang (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, PALEMBANG -- Pesawat untuk mengangkut calon jamaah haji Embarkasi Palembang telah tiba di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Selasa (17/7) siang. "Pesawat berbadan lebar itu akan mengangkut calon jamaah haji Embarkasi Palembang," kata Humas Kanwil Kementerian Agama Sumsel M Qudus di Palembang.

Dia mengatakan, kedatangan pesawat Arab Saudi itu untuk mengangkut kelompok terbang pertama karena pemberangkatan akan dilaksanakan Rabu (18/7) dini hari. Dia menjelaskan, nantinya jamaah kloter pertama ini akan terbang menuju Arab Saudi pada Rabu (18/7) pukul 02.30 WIB sehingga pesawatnya sudah tiba dan siap terbang.

Qudus menjelaskan, memang pesawat Saudi Arabia Airline itu berkapasitas sekitar 450 set. Itu sesuai dengan jumlah jamaah kloter Embarkasi Palembang yang rata-rata 450 orang.  

Untuk kloter pertama tersebut akan diisi oleh jamaah asal Lubuk Linggau, Ogan Komering Ulu Timur, dan jamaah mandiri. Mereka mulai masuk Asrama Haji Palembang hari ini.

Sebelumnya, Kasubag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Sumsel Saefudin Latief mengatakan, jamaah calon haji Sumatra Selatan akan menggunakan pesawat Saudi Arabia Airline untuk menunaikan rukun Islam kelima di Tanah Suci.

Dia mengatakan, berdasarkan informasi Kementerian Agama Pusat, untuk tahun ini calon jamaah haji Indonesia menggunakan dua maskapai, yakni Saudi Arabia Airline dan Garuda Indonesia. Untuk Embarakasi Palembang, menggunakan pesawat dari Arab Saudi. Sedangkan, penerbangan lainnya akan dilakukan oleh Garuda Indonesia.

"Pemberangkatan kelompok terbang pertama hingga 19 Embarkasi Palembang semuanya menggunakan pesawat Saudi Arabia Airline," kata dia.

Redaktur : Andi Nur Aminah
Sumber : Antara