Jamaah Haji Kota Bogor Diberangkatkan Tiga Kloter
Selasa , 17 Jul 2018, 11:21 WIB

Musiron
Calon jamaah haji (calhaj) sedang mengikuti bimbingan manasik haji massal di Masjid Agung Baitul Faizin Pemda Bogor, Jawa Barat.

IHRAM.CO.ID, BOGOR -- Praktik dan bimbingan manasik haji enam kecamatan di Kota Bogor telah selesai dilakukan. Calon jamaah haji Kota Bogor tahun 2018 sebanyak 1.064 orang yang akan dibagi menjadi tiga kloter.

"Praktik dan bimbinhan manasik sudah selesai dilakuan dan berjalan lancar. Tinggal agenda berikutnya pemantapan masing-masing kloter yang dilaksanakan antara 25 sampai 28 Juli," ujar Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bogor Adeng Jaelani, Senin (16/7).

Pemantapan kloter ini akan dilakukan dua kali dalam rentang waktu empat hari tersebut. 1.064 calon jamaah ini terbagi menjadi tiga kategori. Calon jamaah Kota Bogor sendiri sebanyak 1.015 orang, cadangan 15 orang, dan mandiri 34 orang.

Kloter pertama yaitu kloter 42 berjumlah 404 calon jamaah dijadwalkan berangkat pada 29 Juli. Kloter kedua yaitu kloter 68 berjumlah 404 orang berangkat 5 Agustus. Kloter terakhir yaitu kloter 89 berisikan 250 calon jamaah berangkat pada 12 Agustus. "Yang kloter 89 kita digabungkan dengan calon jamaah dari Kabupaten Bogor dan Kabupaten Bandung," lanjut Adeng.

Kloter 42 yang akan berangkat akhir Juli ini akan dikumpulkan di Masjid Raya Bogor pukul 21.00. Setelah semua lengkap, calon jamaah akan berangkat ke embarkasi Bekasi dan terbang menuju Arab Saudi keesokan harinya pukul 11.00.

"Tahun ini pemerintah Arab Saudi memberikan kemudahan untuk pemeriksaan imigrasi termasuk boarding pass. Ini cukup dilakukan di asrama aji. Jadi jamaah tidak harus antre di bandara tapi bisa ketika mereka sampai di hotel," lanjut Adeng.

Kemudahan lain yang diberikan yaitu calon jamaah ini memperoleh maktab haji di Azizah untuk dua kloter pertama dan maktan Mahbas Jin untuk kloter lainnya. Adeng pun berharap dengan kemudahan ini semua calon jamaah bisa melaksanakan ibadah dengan lancar dan pulang dengan selamat. 

 

Redaktur : Andi Nur Aminah
Reporter : Zahrotul Oktaviani