Saudi Sediakan Portal untuk Lowongan Kerja Musim Haji
Selasa , 17 July 2018, 11:13 WIB

Ani Nursalikah.Republika
Petugas membersihkan pilar Masjid Nabawi di Madinah, Jumat (8/9)

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Kementerian Tenaga Kerja dan Pembangunan Sosial Arab Saudi meluncurkan sebuah layanan elektronik untuk menyediakan pekerjaan sementara selama musim haji tahun ini melalui portal Ajeer. Portal tersebut dibuat bagi perusahaan yang menawarkan layanan haji dan siapa pun yang ingin bekerja selama musim haji. Layanan elektronik tersebut juga mendokumentasikan hubungan kontraktual di antara mereka.

Langkah yang dilakukan kementerian menyediakan bursa elektronik tersebut menunjukkan adanya suplai dan permintaan untuk pekerjaan selama musim haji. Portal tersebut mempertemukan pemilik perusahaan dan individu yang mencari pekerjaan sementara atau sambilan.

Juru bicara kementerian, Khaled Abalkhail, mengatakan pencari pekerjaan tersebut mencakup warga Saudi dan ekspatriat (pekerja asing) yang tinggal secara legal di Kerajaan Saudi. Portal tersebut memang bertujuan memungkinkan perusahaan menarik pekerja dari dalam Kerajaan Saudi, dan bukannya merekrut pekerja dari luar negeri.

"Layanan kerja sementara untuk musim haji ini adalah langkah yang mengatur dan mendorong pekerjaan selama periode haji melalui penerbitan izin sementara melalui portal Ajeer," kata Abalkhail, dilansir di Arab News, Selasa (17/7).

Ia mengatakan, e-platform itu memungkinkan perusahaan yang beroperasi selama musim haji mengunggah peluang kerja. Sehingga, para pencari kerja dapat mengajukan permohonan kepada perusahaan bersangkutan dan mendapatkan izin sementara untuk bekerja di Makkah, Madinah, dan Jeddah. Pekerjaan tersebut berkaitan dengan berbagai layanan bagi jamaah haji.

"Layanan elektronik memungkinkan pencari kerja mendaftar ke portal, mengunggah biodata mereka, meninjau lowongan yang tersedia, mengajukan permohonan untuk pos yang sesuai dan mengelola permintaan pekerjaan dari majikan dengan kemampuan untuk menerima peluang yang paling sesuai dengan mereka," katanya.

Proses kontraktual juga diikuti oleh pengesahan antara perusahaan haji dan pekerja. Abalkhail mengatakan perusahaan dapat menggunakan penerbitan izin sementara.

Ia lantas menyerukan perusahaan yang beroperasi di musim haji dan individu yang ingin mendapat manfaat dari kesempatan ini untuk mendaftar di portal Ajeer (www.ajeer.com.sa). Mereka yang tertarik juga dapat menghubungi layanan pelanggan. Karena kementerian telah menempatkan layanan pelanggan di nomor telepon 920002866, yang juga tersedia untuk pertanyaan terkait layanan Ajeer.

Untuk melaksanakan layanan haji yang lancar di dua masjid suci sepanjang waktu, Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci pada 2016 memobilisasi lebih dari 15 ribu pekerja reguler dan musiman. Mereka belum termasuk pekerja yang ditugaskan untuk membersihkan, operasional dan tugas pemeliharaan.

Redaktur : Ani Nursalikah
Reporter : Kiki Sakinah