Tour Leader Profesional: Jadilah Traveller yang Cerdas
Selasa , 17 July 2018, 09:56 WIB

Dok Gunawan Surbakti
Tour leader (TL) profesional Gunawan Surbakti.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Penipuan berkedok tour leader yang menimpa sejumlah jamaah umrah maupun turis umum dan turis Muslim mengundang keprihatinan para tour leader (TL) profesional. Salah satunya Gunawan Surbakti.

Tour leader  yang berpengalaman lebih 20 tahun itu mengingatkan masyarakat agar berhati-hati ketika mendapatkan tawaran umrah atau perjalanan wisata dengan iming-iming harga miring. “Penipuan berkedok tour leader kini makin canggih.  Karena itu, masyarakat yang ingin melakukan ibadah umrah maupun perjalanan wisata harus menjadi smart traveller (jamaah atau peserta perjalanan wisata yang cerdas),” kata Gunawan Surbakti melalui rilis yang diterima ihram.co.id, Senin (16/7).

 

Ia menambahkan, masyarakat hendaknya berhati-hati  saat mendaftar melalui Facebook, Instagram, Twitter dan lain-lain. “Hal itu penting agar tidak ada pihak yang dirugikan oleh oknum yang mengaku tour leader, padahal ia  hanya perantara/penghubung pembuat visa, tiket, hotel, transportasi, makan dan atau obyek wisata. Jangan terpancing harga murah, nanti akan menyesatkan,” kata Gunawan yang juga pengurus Asosiasi Tour Leader  Muslim Indonesia (ATLMI).

Diakui oleh Gunawan, Indonesia ini memang berbeda dan menarik dengan pangsa pasar Muslim terbesar di dunia. “Di tengah pasar yang menggiurkan itu, ada saja oknum travel dan oknum tour leader yang mencoba mengambil keuntungan dengan cara tidak jujur. Mereka menawarkan  paket umrah atau perjalanan wisata  murah, bahkan sangat murah, padahal itu hanya kedok penipuan,” paparnya.

Ia menghimbau kepada masyarakat yang ingin melaksanakan umrah maupun perjalanan wisata agar memilih travel agent yang berizin dan bekerja sama dengan tour leader yang berpengalaman dan  profesional. “Keuntungannya bagi masyarakat adalah travel agent, tour leader dan  asosiasi-asosiasi tour leeader tersebut  terjamin dan  terpercaya,” papar anggota Indonesia Tour Leader Association (ITLA).

Gunawan menegaskan, pergi dan  mendaftar  umrah maupun perjalanan wisata melalui travel berizin pasti baik. “Ada harga, ada rupa. Kalau harga paket umrah atau perjalanan wisata itu pantas, maka servisnya pun sepadan. Namun kalau harganya murah apalagi sangat murah, yang didapat pun kualitas bawah. Bahkan, yang lebih parah adalah gagal berangkat atau ditelantarkan di tengah perjalanan,” tegas Gunawan yang juga aktif sebagai dosen mata kuliah pariwisata.

Redaktur : Irwan Kelana