Sebanyak 410 Jamaah Haji India akan Tiba di Madinah Sabtu
Jumat , 13 Jul 2018, 10:00 WIB

indianexpress
Jamaah calon haji India

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Kelompok pertama jamaah Haji asal India akan tiba di Arab Saudi besok Sabtu (14/7). Dalam pertemuan antara diplomat senior India dengan Menteri Haji dan Umrah Muhammad Saudi, Saleh Benten, di Jeddah pada Kamis (12/7), Konsul Jendral India Mohammed Noor Rahman Sheikh mengatakan akan ada 410 jamaah dalam pesawat penerbangan Saudia Arabian Airlines yang mendarat di di Bandara Internasional Prince Muhammad di Madinah, Arab Saudi, Sabtu (14/7).

Sementara itu, ia mengatakan penerbangan haji pertama dari India ke Jeddah akan dilakukan pada 29 Juli mendatang. Dilansir di Saudi Gazette, Jumat (13/7), penerbangan menggunakan pesawat Air India dari Chennai itu akan mengangkut sebanyak 420 jamaah.

Sheikh mengatakan, total ada 234 penerbangan yang akan dioperasikan untuk mengangkut 67.302 jamaah ke Madinah dan 209 penerbangan ke Jeddah. Penerbangan itu akan membawa 61.400 jamaah haji dari India.

Dia mengatakan, bahwa Misi Haji India telah menghubungkan semua rumah sakit dan klinik cabangnya di kota suci Makkah dan Madinah serta di terminal bandara Haji Jeddah dengan sistem perangkat lunak online untuk pertama kalinya. Sheikh mencatat bahwa total 1.300 jamaah wanita datang untuk melaksanakan ibadah haji tanpa mahram (saudara laki-laki) untuk haji tahun ini untuk pertama kalinya.

Sementara dalam mengantisipasi suhu tinggi selama haji, Misi India telah membuat pengaturan untuk memasok payung berwarna dengan tulisan 'India' di kedua sisi untuk setiap jamaah. Dalam pertemuan membahas pengaturan haji tersebut hadir pula Duta Besar India Ahmad Javed dan Konsul Haji Mohammed Shahid Alam. Javed lantas mengungkapkan soal kesiapan misi Haji India guna kelancaran penerimaan dan kenyamanan jamaah India.

Sebaliknya, Benten juga menghargai upaya yang dilakukan misi Haji India dengan bekerja sama dengan otoritas dan lembaga Saudi guna memastikan keamanan dan kenyamanan jamaah. Benten mengatakan bahagia atas keberhasilan penerbitan visa melalui portal e-Haj selama tiga tahun terakhir.

Ia juga mengungkapkan sangat menghargai keterampilan IT dari misi India. Selain itu, dalam pertemuan tersebut duta besar India juga memberikan usulan soal transportasi jamaah di atas kapal. Ia meminta bantuan otoritas Saudi dalam membuat pengaturan logistik untuk kelancaran penerimaan di pelabuhan laut di masa depan. )

Redaktur : Andi Nur Aminah
Reporter : Kiki Sakinah