Pemerintah Sokoto Mulai Perekaman Data Biometrik Calon Haji
Kamis , 12 Jul 2018, 08:00 WIB

Haji

IHRAM.CO.ID, SOKOTO -- Badan Kesejahteraan Jamaah Negara Sokoto (SSMPWA) memulai pengambilan data biometrik pada pendaftaran calon jamaah haji pada Rabu (11/7). “Di Sokoto, pendaftaran dimulai dengan calon jamaah dari daerah Pemerintah Gada,” kata Direktur Jenderal SSMPWA Shehu Dange dilansir di Premium Times Nigeria, Rabu (11/7).

Selanjutnya, ia mengatakan, pendaftaran dilakukan untuk calon jamaah haji dari Wurno dan Shagari sampai 23 wilayah pemerintah lokal di negara bagian itu selesai. Ia menekankan calon jamaah haji yang berniat, harus secara fisik hadir di lokasi perekaman dan manasik.

Pemerintah daerah segera menentukan waktu pelaksanaan untuk memudahkan proses. Ia menjelaskan, prosesi pendaftaran tersebut sejalan dengan arahan Komisi Haji Nasional Nigeria (NAHCON) untuk dewan dan lembaga kesejahteraan jamaah haji dari negara bagian. Tujuannya, memastikan pengaturan yang memadai untuk pelaksanaan manasik.

Dange menekankan manasik adalah bagian dari persiapan ibadah haji tahun ini. Kegiatan tersebut akan menjelaskan secara rinci ihwal ritual haji dan peraturan pemerintah. Dange memuji Gubernur Sokoto Aminu Tambuwal yang mendukung kegiatan SSMPWA. Gubernur Tambuwal menginformasikan, SSMPWA bermitra dengan beberapa LSM, wanita, dan kelompok agama dalam mengedukasi calon jamaah haji. 

 

Redaktur : Andi Nur Aminah
Reporter : Umi Nur Fadhilah