Saudi akan Luncurkan Teknologi Canggih Haji pada 2029
Selasa , 10 Jul 2018, 18:52 WIB

AP
Suasana tawaf di Kabah, Masjidil Haram, Makkah

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi merilis sebuah video baru yang menampilkan alat teknologi canggih yang akan diluncurkan pada 2029. Alat tersebut untuk membuat ibadah lebih mudah dan gampang diakses oleh semua orang.

Dilansir di Al Arabiya, Selasa (10/7), video menunjukkan setiap jamaah yang terdaftar akan menerima paket sebelum perjalanan mereka. Paket tersebut akan mencakup lencana, earpiece (peranti dengar), dan jam elektronik yang harus mereka bawa setiap saat.

Lencana ini memungkinkan jamaah melewati gerbang elektronik dan bea cukai di bandara. Alat juga dapat dipakai untuk naik kereta api yang akan mengangkut mereka ke tempat yang harus mereka datangi. Lencana ini pun digunakan untuk mengakses kamar hotel tempat mereka menginap tanpa harus check-in sama sekali.

Peranti dengar dan e-watch memberi jamaah informasi yang dibutuhkan dalam berbagai bahasa. Peranti akan memberi tahu peziarah ketika mereka menyelesaikan tawaf, dan membacakan doa untuk mereka.

Item-item tersebut terhubung ke masing-masing telepon jamaah. Perangkat juga dilengkapi dengan perangkat pelacakan untuk memastikan anggota keluarga dapat menemukan satu sama lain jika tersesat di kerumunan.

Alat itu juga memungkinkan pihak berwenang yang ditempatkan di sekitar area untuk membantu memandu siapa pun dengan menerjemahkan informasi langsung ke telinga mereka. Alat ini menjadi tujuan bagi Saudi untuk mengembangkan teknologi haji.

Redaktur : Ani Nursalikah
Reporter : Lida Puspaningtyas