Tiket Kereta Api Mashaer Naik Menjadi 400 Real
Kamis , 21 June 2018, 06:03 WIB

Saudigazette
Kereta Mashaer yang melayani jamaah dari kawasan Arab Saudi ketika beroperasi pada puncak musim haji di kawasan Mina.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH - Biaya tiket kereta api Mashaer telah ditingkatkan dari 250 Real ke 400 Real. Hal ini ditetapkan Kementerian Haji dan Umrah Saudi Arabia.

Metro Mashaer adalah kereta ulang-alik yang beroperasi hanya selama hari-hari pelaksanaan haji, yakni saat wukuf dan melempar jumrah.Kereta ini hanya melayani jamaah haji dari kawasan Arabia (jamaah haji domestik). Jamaah haji Indonesia tidak memakai kereta api ini.

Seperti dilansir Saudigazette, pihak Kementerian terkait di Saudi telah menginformasikan kepada perusahaan haji tentang kenaikan itu. Mereka juga meminta mereka untuk memasukkan tarif baru dalam sistem komputer.

Mohammed Saad Al-Qurashi, anggota dewan koordinasi perusahaan Haji dan Umrah, mengatakan kenaikan itu diberlakukan oleh perusahaan yang mengoperasikan kereta. Dia mengatakan sebuah perusahaan baru dikontrak oleh Kementerian Urusan Kota dan Pedesaan untuk mengoperasikan kereta ini.

Sementara itu, kementerian telah memilih 20 perusahaan lokal untuk menawarkan Haji Muyasar (ziarah mudah) untuk peziarah domestik tahun ini dengan biaya 3,465 Real. Kementerian juga telah memilih 57 perusahaan untuk menawarkan biaya haji murah yang akan menguntungkan 65.000 peziarah domestik.

Dikatakan bahwa para peziarah akan ditampung di gedung-gedung berlisensi di Makkkah di kamar-kamar yang memiliki ruang seluas empat meter persegi per peziarah. Sementara di Arafah mereka akan ditampung dalam tenda-tenda ber-AC yang tahan api dengan luas 1,6 meter persegi per jamaah.

Redaktur : Muhammad Subarkah
Sumber : saudigazette