Area Mataf dibersihkan Hanya Dalam Waktu 9 Menit 47 Detik
Ahad , 17 Jun 2018, 10:25 WIB

saudigazette
Petugas membersihkan area mataf.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH - Para petugas dari aparat Pembersih Karpet dan Administrasi Sterilisasi di Masjidil Haram telah  membuat kejutan. Mereka membuat rekor membersihkan area tawaf (mataf) dengan waktu  9 menit dan 47 detik. Hal ini dilakukan usai shalat Maghrib pada malam ke-27 Ramadan lalu.

Pihak Administrasi Umum untuk Direktur Urusan Layanan, Muhammad Bin Musslih Al-Jabri,  menegaskan keberhasilan itu sesuai rencana administrasi pada saat malam 27 Ramadhan.

Seperti dilansir Saudigazette, rencana tersebut memang berfokus pada pembersihan secara sistematis berbagai lokasi  di Masjidil Haram  segera setelah shalat  Maghrib. Ini termasuk membersihkan Mataf, karpet Masjidil Haram dan seluruh bangunan lainnya. Para petugas berusaha mengintensifkan pengumpulan sampah secara manual sepanjang malam dari pintu masuk utama, trotoar dan area shalat di dalam Masjidil Haram dan di halamannya.

Al-Jabri menambahkan bahwa pada malam itu, 291 ton sampah dikumpulkan dan diangkut dari dalam Masjidil Haram dan halamannya. Jumlah karyawan melebihi 300, termasuk 100 karyawan untuk menyediakan Iftar untuk jamaah. Pekerja pria dan wanita mencapai 3.000. Mereka bekerja sepanjang waktu secara bergiliran.

Al-Jabri lebih lanjut mengatakan, sekitar 25.000 karpet, 1.500 tempat sampah besar, dan 1.500 sampah sampah kecil dibersihkan. Tugas administrasi ini terutama untuk mengawasi dan menindaklanjuti pelaksanaan rencana pembersihan dan layanan Masjid Haram.

“Fungsinya juga termasuk pengawasan penyebaran  makanan  untuk berbuka puasa di dalam Masjidil Haram, pengawasan pekerjaan pembersihan, dan pemeliharaan utilitas eksternal yang dimiliki Masjidil Haram,’’ katanya.

Redaktur : Muhammad Subarkah
Sumber : saudi gazette