Warga Jeddah Shalat Ied Diberbagai Masjid dan Mushola
Sabtu , 16 Juni 2018, 17:18 WIB

saudigazette
Masjid Fatimah Az Zahra di tepi laut merah kawasan Jeddah.

IHRAM.CO.ID, Jeddah - Ribuan orang melakukan shalat Idul Fitri di pagi hari di Jeddah di masjid dan mushola yang didirikan di seluruh penjuru kota. Mereka berkumpul semenjak awal waktu Subuh dan menghabiskan waktu dengan membaca Talibiah dan menunggu terbitnya matahari untuk memulai shalat.

Cuaca Idul Fitri tahun ini dikabarkan normal. Meskipun Otoritas Umum Metrologi dan Perlindungan Lingkungan ArSaudi  kelembaban udara lebih dari 85 persen dengan suhu hingga 43 derajat Celcius pada hari Jumat itu.

Terlihat bahwa lebih sedikit kerumunan pekerja asing dan keluarga mereka di shalat Idul Fitri karena banyak yang pergi ke negara asal mereka untuk liburan. Dan beberapa juga sudah pulang untuk selamanya.

Sebagian besar keluarga Saudi memilih untuk menghabiskan Idul Fitri di tempat asal mereka di pedesaan. Akibatnya jamaah shalat Idul Fitri di Jeddah tampak lebih sedikit.

Di Jeddah, sholat Idul Fitri dilangsungkan di 332 madjidi dan musholah. Ini lebih sedikit dibandingkan dengan Idul Fitri tahun lalu di mana shalat Ied dilakkan di 371 tempat. Pihak kota madya Jeddah telah mengerahkan 1.054 personel untuk membersihkan 332 tempat sholat Idul Fitri.

Pada kesempatan Idul Fitri, Walikota Jeddah Dr Abdul Latif Al Harity, telah meluncurkan program kesadaran pembersihan kota dan menjaga utilitas umum terutama di daerah corniche.

Kampanye itu diluncurkan setelah shalat di masjid Fatimah Az Zahra, salah tujuan pengunjung yang populer di Corniche. Kampanye kesadaran menjaga fasilitas umum akan berlangsung selama 5 hari di 13 tempat yang berbeda di kota tersebut.

Kementerian Urusan Islam, Dakwah, dan Bimbingan Arab Saudi mengidentifikasi ada 7.495 masjid dan mushola --1.233 berada di wilayah Makah-- di seluruh Arab Saudi yang dipergunakan untuk shalat Idul Fitri.

Redaktur : Muhammad Subarkah