Saudi Panas, Kemenag akan Bagikan Sandal untuk Jamaah
Senin , 28 May 2018, 02:00 WIB

ROL/Ani Nursalikah
Jamaah Haji Indonesia (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA. Kepala Pusat Kesehatan Haji Eka Jusup Singka mengatakan pihaknya akan menyediakan 20 ribu pasang sandal untuk jamaah haji Indonesia saat di Arab Saudi. Hal itu agar jamaah terhindar dari kaki melepuh karena terpapar oleh permukaan tanah yang panas.

"Biasanya mereka sandalnya ketinggalan. Bahaya, kakinya bisa terbakar," kata Eka saat ditemui di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Ahad (27/5).

Eka mengatakan sandal sangat penting bagi jamaah. Apalagi, Saudi dikenal sebagai kawasan dengan suhu tinggi mencapai lebih dari 50 derajat Celcius yang dapat membahayakan jamaah jika tidak diantisipasi dengan baik.

Eka mengatakan petugas haji nantinya juga akan membagikan payung, masker, dan penyemprot air. Hal itu agar jamaah bisa menghadapi cuaca panas.

Suhu yang panas di Saudi, kata dia, bisa membahayakan jamaah terutama dari Indonesia yang terbiasa dengan suhu tropis. "Rerata suhu di Tanah Suci pada musim haji nanti berkisar 53 derajat Celsius. Tingkat cuaca itu berisiko menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti heatstroke," kata dia.

Redaktur : Nur Aini
Sumber : Antara