Taksi Area Masjidil Haram 'Makkah Cab' akan Diluncurkan
Selasa , 08 Mei 2018, 16:25 WIB

saudigazette.com
Logo taksi Makkah Cab

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Pemerintah Arab Saudi akan meluncurkan taksi yang didedikasikan untuk melayani jamaah umrah dan pengunjung yang datang ke Masjid Al Haram di Makkah. Ketua Otoritas Transportasi Umum (PTA), Rumaih Al-Rumaih, mengatakan bahwa taksi yang dinamai dengan 'Haram Cab' itu akan beroperasi di area pusat Masjid Al Haram di Makkah. Sementara itu, taksi biasa lainnya akan dilarang memasuki area pusat.

Dilansir dari Saudi Gazette, Selasa (8/6), ia mengatakan taksi Haram akan memiliki layar yang membawa tanda-tanda dalam semua bahasa utama, guna membantu jamaah haji dan umrah. Dengan adanya taksi ini, izin yang diberikan akan memungkinkan investor untuk memiliki 200 taksi Haram.

 

Al-Rumaih mengatakan, proyek transportasi umum utama akan dijalankan di Jeddah. Dia mengatakan, terdapat proyek transportasi baru yang akan dijalankan dengan kemitraan antara sektor publik dan swasta. Termasuk, proyek yang menghubungkan Yanbu Al-Sinaia dengan Pelabuhan Ekonomi Raja Abdullah dan Pelabuhan laut Jeddah, saluran listrik antara Riyadh dan Dammam, dan mengembangkan dermaga kering dan zona logistik yang baru di Riyadh.

Dia juga menyebutkan peluang investasi di stasiun kereta Haramain, yang akan menampung 120 ribu penumpang per jam. Penumpang tiba dan berangkat dari stasiun tersebut melalui 10 platform. Selain itu, pemerintah Saudi juga akan meluncurkan layanan alternatif di Riyadh dan Jeddah. Layanan tersebut di antaranya dengan enam jalur di Jeddah dengan 76 bus, dan enam jalur di Riyadh dengan 131 bus.

Redaktur : Muhammad Subarkah
Reporter : Kiki Sakinah