1.000 Set Koper dan Tas Tiba, Jamaah Lunas Sudah Dua Kloter
Rabu , 18 Apr 2018, 11:45 WIB

kemenag.go.id
Sebanyak 1.000 set perbekalan calon jamaah haji (calhaj) Embarkasi Aceh, telah tiba ke lokasi, pagi Senin (16/4). Hari ini, Rabu (18/4) menyusul 2.000 set sudah tiba lagi.

IHRAM.CO.ID, BANDA ACEH --Sebanyak 1.000 set perbekalan calon  jamaah haji (calhaj) Embarkasi Aceh, telah tiba ke lokasi, pagi Senin (16/4). Hari ini, Rabu (18/4) menyusul 2.000 set sudah tiba lagi.

Satu tronton antar tas jamaah yang berwarna biru, dalam 250 kotak besar itu, dikirim ke UPT Asrama Haji Aceh, Jalan Teuku Nyak Arief Banda Aceh. "Setiap paket perbekalan jamaah haji yang dikirim dari Tangerang Selatan Banten, sejak Jumat (6/4) itu, terdiri dari koper besar, tas tentengan/troli, tas transport dan booklet," urai Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), H Abrar Zym SAg.

Disebutkannya, koper dan tas jamaah 2018 itu dikirim perusahaan Huda Rachma Grupindo Tangerang Selatan, mitra Kemenag RI, dengan nama paket Give Away Haji 2018/1439 H Garuda Indonesia.

Paket diterima Kasi Akomodasi, Transportasi, dan Perlengkapan Haji (ATP) Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), H Azhar SAg MA dan jajarannya, usai apel Senin. "Insya Allah tas akan diserahkan melalui Kakankemenag masing-masing," kata H Azhar, atas pertanyaan para Kasi PHU di kabupaten/kota.

Sementara Kasi Pendaftaran dan Dokumentasi Haji Bidang PHU, Juhaimi SAg melaporkan, jumlah calon jamaah yang telah melunasi biaya hajinya. Menurutnya, hingga hari kedua sore, Selasa (17/4), sebanyak 1.063 jamaah yang telah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) se-Aceh. Jika ditambah dengan jumlah yang telah melunasi tahun lalu (mutasi) maka jumlah yang telah melunasi mencapai 1.066 jamaah.

"Ini sama dengan sudah lebih dua kloter jumlah jamaah yang lunasi," ujarnya. Sementara jumlah kloter Aceh sebanyak 11 kloter penuh. Jamaah dari Embarkasi Haji Aceh (BTJ) akan diterbangkan ke Tanah Suci mulai Juli mendatang dengan maskapai PT Garuda Indonesia dan mnggunakan pesawat Boeing 777 itu, berkapasitas 393 seat.

Sementara hari pertama pelunasan, Senin (16/4) sore kemarin, sebanyak 611 jamaah yang melunasi. Kakanwil Kemenag Aceh, Drs HM Daud Pakeh mengatakan, hingga Jumat (4/5) depan adalah masa pelunasan BPIH calon jamaah Aceh, sebagaimana jadwal pelunasan nasional. Dijelaskan juga bahwa sebanyak 4.393 jamaah yang masuk Embarkasi Haji Aceh, sampai hari kedua ini, terus laksanakan proses pelunasan untuk biaya haji reguler 2018/1439 H, sebesar Rp 31.090.010.

"Secara nasional, hari pertama pelunasan, jumlah calon jamaah yang telah lunasi mencapai 26.396 orang," sebut Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Ditjen PHU Kemenag H Ahda Barori.

Saat pelunasan, jamaah juga mendapat paket pakaian. "Jamaah haji yang telah melakukan pelunasan BPIH reguler, mendapatkan bukti setoran lunas BPIH yang dicetak dari aplikasi Siskohat, buku manasik haji, seragam batik, dan untuk pria mendapatkan kain ihram dan wanita mendapatkan mukena," katanya, di antara prosedur pelunasan, meskipun ada paket yang akan menyusul.

Disebutkannya, pemerintah juga menjanjikan koper kualitas baik untuk setiap jemaah dari sebelumnya hanya tas kain. Selain itu, pemerintah juga membawa koki khusus dari Indonesia yang bertugas menyiapkan masakan nusantara bagi jemaah. Total petugas haji 2018 yang akan melayani jemaah asal Indonesia sebanyak 4.100 orang.

Redaktur : Agus Yulianto
Sumber : kemenag.go.id