Ekonomi Lemah, Jamaah Kaduna Kesulitan Bayar Biaya Haji
Rabu , 14 March 2018, 09:26 WIB

Haji

IHRAM.CO.ID, KADUNA -- Negara Bagian Kaduna, Nigeria masih memiliki kuota kosong sebanyak 5.000 kursi hingga saat ini. Sekretaris Eksekutif Badan Pengurusan Jamaah Haji Kaduna Ahmed Tsoho-Ikara mengatakan hanya 1.500 jamaah yang sudah membayar biaya haji secara penuh.

"Ini mempresent asikan hanya 22,62 persen dari total kuota," kata dia pada kantor berita Nigeria, News Agency of Nigeria (NAN). Menurutnya, Kaduna memiliki kuota sebesar 6.632 kursi yg diberikan oleh National Hajj Commission of Nigeria (NAHCON) for the pilgrimage.

Sehingga ada lebih dari 5.000 kursi yang masih kosong. Ia berharap kursi-kursi ini bisa dipenuhi seiring pendaftaran yang berakhir pada 31 Maret.

"Kami sudah menerima deposit sejak 13 November 2017 lalu, dan seperti pelaksanaan haji sebelumnya, tahun ini dimulai dengan harga tahun lalu," kata Tsoho-Ikara dilansir Premium Times, Selasa (13/3).

Menurutnya, tingkat ekonomi rendah membuat penduduk yang masuk kuota tahun ini kesulitan membayar biaya. Bahkan dari 1.500 orang yang telah membayar deposit, ada yang tidak membayar penuh.

NAHCON meminta deposit dalam jumlah yang sama seperti biaya haji tahun lalu yakni 1,5 juta naira atau sekitar Rp 57 juta. "Namun sebagian besar jamaah membayar antara 800 ribu naira hingga 1,2 juta naira saja," kata dia.

Diantara mereka, banyak yang dinilai tidak mampu melunasi. Tsoho-Ikara mengatakan calon jamaah ini bukan tidak mau melunasi, namun kondisi finansial mereka memang lemah.

Redaktur : Winda Destiana Putri
Reporter : Lida Puspaningtyas