Proyek Pengerjaan Renovasi Sumur Zamzam Rampung April
Selasa , 13 Maret 2018, 13:23 WIB

(Foto: saudi gazeta)
Emir Makkah Pangeran Abdullah Bin Bandar memeriksa pekerjaan renovasi Sumur Zamzam (Foto: Saudi Gazata)

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Emir Makkah Pangeran Abdullah Bin Bandar memeriksa pekerjaan renovasi Sumur Zamzam yang sedang berlangsung. Saat ini, sekitar 90 persen pekerjaan renovasi itu, telah selesai. Proyek renovasi tujuh bulan ini akan selesai pada pertengahan April.

Dilansir Saudi Gazette, Selasa (12/3), Pangeran Abdullah berterima kasih kepada Menteri Keuangan, Kepresidenan untuk Urusan Dua Masjid Suci, Pasukan Keamanan Haram, dan semua pihak terkait dengan proyek tersebut yang telah berusaha untuk menyelesaikan proyek sebelum batas akhir.

Didampingi oleh Sheikh Abdurahman Al-Sudais, kepala kepresidenan, Abdul Fattah Moshat, wakil menteri haji dan umrah, dan beberapa pejabat, Pangeran Abdullah memeriksa kemajuan pekerjaan renovasi tersebut. Dengan renovasi ini, diharapkan akan meningkatkan jumlah air suci yang dipompa kelua dari Sumur Zamzam.

Proyek renovasi ini ditangani lebih dari 250 insinyur, teknisi dan buruh, dan didukung alat berat 11 derek. Mereka bekerja sepanjang waktu untuk membangun lima aliran air Zamzam. Semua aliran air itu transit di kompleks Masjidil Haram sebagai bagian dari proyek untuk merenovasi sumur bersejarah.

Sekitar 96 persen insinyur yang berkerja di lokasi proyek adalah orang Saudi. Tak hanya itu, sebanyak 693 siswa dari 16 universitas di Saudi pun telah diberi pelatihan di lokasi tersebut. Sementara, jam kerja di proyek tersebut, yang dimulai pada bulan Oktober, telah mencapai sekitar satu juta jam.

photo
Sumur Zamzam

Proyek sumur Zamzam memiliki dua bagian. Bagian pertama adalah membangun lima jalur transit dari sisi timur mataf (daerah keliling di sekitar Ka'bah Suci). Sedangkan bagian kedua, melibatkan sterilisasi air dan menghilangkan partikel beton dan besi dari daerah sekitar sumur.

Proyek renovasi melibatkan peningkatan sistem untuk menyimpan, memompa, dan mendistribusikan air suci dengan cara memastikan kebersihan dan keamanannya dengan cara terbaik. Tahap kedua dari proyek ini bermaksud untuk memurnikan air sejauh mungkin dari bahan berbahaya. Proyek ini juga dikatakan mencakup pengembangan jenis kerikil steril khusus dengan permeabilitas air yang tinggi, yang memungkinkan aliran air Zamzam lebih baik.

Redaktur : Agus Yulianto
Reporter : Kiki Sakinah