Kerja Sama Saudi dan Inggris Agar Haji Lebih Aman
Jumat , 09 Maret 2018, 13:36 WIB

Republika/Ani Nursalikah
Suasana jelang shalat Jumat di Masjid Nabawi (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, LONDON -- Perusahaan Inggris CSEC4 telah membantu membuat pelaksanaan ibadah haji bagi jamaah Muslim di Arab Saudi lebih aman. Pemerintah Arab Saudi dalam hal ini membuat kerja sama kontrak dengan tim Inggris yang berlokasi di tiga kota di Saudi, yakni Riyadh, Dhurma, dan Madinah.

Bagian dari kontrak dengan perusahaan tersebut berupa pelatihan manajemen krisis, program mentoring, lokakarya mengenai strategi perlindungan publik, serta manajemen keselamatan dan keamanan. Eksekutif pengembangan kemampuan yang berbasis di Madinah, David Sparks, mengatakan, proyek ini membantu memperkenalkan pendekatan dan metodologi kohesif yang lebih terstandar dan sesuai dengan manajemen keselamatan dan ketenteraman publik.

"Merupakan kebanggaan dan kehormatan besar untuk bisa mengerjakan sebuah acara yang sangat berharga bagi umat Islam di seluruh dunia, termasuk ribuan Muslim Inggris yang melakukan ibadah haji dan umrah setiap tahun," kata Sparks, dilansir di Express, Jumat (9/3).

Dia mengatakan, proyek tersebut telah membuat seluruh pengalaman menjadi lebih aman dan nyaman bagi semua jamaah dari semua negara. Termasuk, jamaah yang datang dari Inggris. Menurut dia, proyek ini juga merupakan kesempatan fantastis untuk melihat secara langsung perubahan nyata dan positif yang dilakukan Kerajaan Arab Saudi untuk memberdayakan kaum muda, termasuk wanita.

"Ada keinginan tulus untuk melihat negara ini bergerak maju menuju 2030 dan seterusnya. CSEC4 akan terus mendukung Kerajaan Arab Saudi, yang kita bisa untuk memungkinkan perubahan positif bagi masa depan yang sukses," katanya menambahkan.

Sementara itu, salah satu peserta program tersebut, Badr Al-Masoud, mengatakan, program tersebut telah memberikannya pemahaman dan fokus yang lebih besar untuk mencoba menjamin keamanan semua jamaah dari seluruh dunia saat mereka datang ke Tanah Suci.

"Saya berterima kasih kepada para pelatih karena telah memberi kami keterampilan dan pengembangan dari Inggris, yang juga telah menunjukkan rasa hormat pada budaya dan agama kita," kata Al-Masoud.

CEO CSEC4 Chris Goldsmith mengatakan, CSEC4 telah menunjukkan bahwa ada peluang bagi bisnis Inggris di Arab Saudi dan pasar lainnya yang menantang. Namun demikian, dia mengatakan, kesuksesan di Arab Saudi hanya bisa dicapai dengan membangun dan menampilkan perilaku kemitraan sejati berdasarkan pendekatan dan persahabatan. Karena jika pelanggan Saudi tidak menyukai mereka dan pendekatannya, mereka tidak akan melakukan bisnis tanpa memperhatikan kualitas produk perusahaan.

Redaktur : Agus Yulianto
Reporter : Kiki Sakinah