Jamaah Solo Sulit Hubungi Abu Tour
Sabtu , 24 Februari 2018, 00:27 WIB

Antara/Jojon
Beberapa calon jemaah umrah berada di ruang tunggu saat meminta kejelasan keberangkatan dari pihak travel Abutours / Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, SOLO -- Jamaah biro perjalanan haji dan umrah Abu Tour asal Solo hingga saat ini belum memperoleh kejelasan terkait keberangkatan untuk umrah ke tanah suci. Jamaah dihantui kekhawatiran terlebih kantor cabang Abu Tour Solo secara mendadak tutup sejak Januari lalu. Sri Wahyuni Handayani, salah satu jamaah Abu Tour cabang Solo menjelaskan sejak kantor cabang Abu Tour di Solo tutup, ia kesulitan memperoleh inforamasi tentang keberangkatan.

Sri mengatakan, ia bersama empat anggota keluarganya sudah mendaftar untuk berangkat umrah melalui kantor cabang Abu Tour di Solo setahun lalu. Sri ditawari promo biaya pemberangkatan umrah dengan harga di bawah standar yakni sebesar Rp 16.160.000 per satu jamaah. Meski begitu, pihak Abu Tour tak memberikan kepastian tanggal keberangkatan. Ia pun meminta konfirmasi kepada manajemen karena mencium adanya kejanggalan.

"Katanya itu promo, saya harus bayar tiga hari dari pendaftaran sebelum jatuh tempo habis promonya, saya sempat tanya kok murah, katanya Rp 16 juta itu Abu Tour udah untung Rp 3 juta karena estimasi di sana (tanah suci) itu cuma 13 juta. Tapi anehnya saya tanya keberangkatan dikasihnya bulan saja April," kata Sri kepada Republika Jumat (23/2).

Setelah gonjang-ganjing adanya ketidakberesan Abu Tour, Sri pun sempat menghubungi Rusman, Kepala Cabang Abu Tour Solo. Sri mengatakan Rusman menjamin tak ada masalah dengan pemberangkatan jamaah Abu Tour di Solo. Namun sejak Januari, ratusan jamaah Abu Tour di Solo tak juga diberangkatkan. Setelah itu, Sri pun kesulitan menghubungi manajemen Abu Tour.

"Kok malah kantornya tutup, saya khawatir," tambahnya.

Sri pun telah mengadu kepada Kementerian Agama Kota Solo, rencananya dalam waktu dekat ia juga ingin membuat laporan ke Polresta Solo. Hal yang sama juga dirasakan Aris Wahyu Pratomo warga Nusukan, Solo. Ia dijanjikan untuk berangkat umrah pada April nanti. Meski begitu ia khawatir sebab kantor cabang Abu Tour di Solo telah tutup. Dilain sisi, ratusan jamaah Abu Tour sejak Januari belum diberangkatkan.

"Kami tak dapat kabar lagi, coba hubungi Abu Tour tak bisa, jadi kami tak tahu nasib kami gimana," katanya.

Sementara itu berdasarkan dokumen jamaah Abu Tour yang dilaporkan manajemen Abu Tour pada Kementerian Agama Solo, biro perjalanan haji dan umrah itu melaporkan sebanyak 214 jamaah yang akan berangkat dari Januari hingga Februari. Meski begitu Abu Tour tak menginformasikan akan memberangkatkan jamaah setelah bulan tersebut.

Redaktur : Esthi Maharani
Reporter : Andrian Saputra