Saudi Kembangkan Chatbot Informasi Haji dan Umrah
Rabu , 21 February 2018, 10:18 WIB

Mashable
Aplikasi Chatbot (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,  JEDDAH -- Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengembangkan aplikasi terbaru yang dapat menjawab pertanyaan terkait haji dan umrah. Jawaban muncul secara otomatis melalui situs jejaring sosial.

Aplikasi ini diperkenalkan dalam Festival Warisan dan Budaya Nasional Janadriya ke-32 di Jeddah. Kementerian baru akan meluncurkannya secara resmi pada tahun depan.

Aplikasi yang belum diberi nama tersebut beroperasi melalui program chatbot. Ia menjawab melalui metode suara dan tulisan. Aplikasi kecil ini bekerja dalam platform jejaring sosial.

Ia didesain untuk merespons perintah dalam chat interaktif tanpa intervensi manusia. Chatbot ini adalah program komputer yang bisa diajak 'bercakap-cakap'. Ia bisa mencari jawaban atas permasalahan jamaah.

Program seperti ini sering digunakan untuk meyakinkan pengguna yang ingin respons cepat. Ia meniru perilaku manusia yang sedang berinteraksi dengan pasangan bicaranya.

Chatbot memiliki segudang informasi dasar yang sekiranya dibutuhkan jamaah haji dan umrah. Aplikasi juga bisa digunakan jamaah di luar Saudi untuk mengetahui lebih banyak soal perusahaan layanan haji umrah di dalam negeri.

Chatbot akan memberikan informasi yang dibutuhkan jamaah sesuai perintah. Pengalaman seperti ini akan menjadi nilai tambah dan memudahkan dari segi pelayanan. Chatbot merangkap sebagai salesperson.

Redaktur : Agus Yulianto
Reporter : Lida Puspaningtyas