30 April Tenggat Pembayaran Haji
Senin , 19 Februari 2018, 16:04 WIB

AFP
Jamaah haji Nigeria (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, NIGERIA -- Badan Kemanusiaan Muslim Oyo di negara bagian Oyo, Nigeria, menetapkan batas waktu pembayaran ibadah haji pada 30 April 2018. Ketua dewan pengurus Taofeek Akewugbagold menjelaskan, dewan peziarah menetapkan 1,1 juta naira pada peziarah yang berniat menunggu pengumuman ongkos haji oleh Komisi Haji Nasional Nigeria (NAHCON).

Dia mengtakan, semua proses pendaftaran haji 2018 harus selesai pada 31 Mei. Kecuali, dia mengatakan, Pemerintah Arab Saudi memperpanjang tenggat pembayaran ibadah haji 2018.

Akewugbagold berujar, pusat orientasi, distribusi material, dan inokulasi untuk peziarah yang berniat berhaji telah didesentralisasikan. "Orientasi, distribusi bahan haji dan inokulasi sekarang terjadi di Saki, Igboho, Ogbomoso, Kishi, ini membuat pusat lebih dekat dengan peziarah dan mengurangi stres perjalanan," kata dia dilansir dari Premium Times Nigeria, pada Senin (19/2).

Akewugbagold mengklaim, dewan telah bekerja sama dengan aparat keamanan untuk memastikan tidak ada peziarah membawa barang selundupan ke Arab Saudi.

Dia mengatakan, dewan mencatat jumlah calon peziarah yang berniat berhaji 2018 sangat mengesankan. Bahkan, hampir 500 peziarah telah membayar.

"Kami memiliki paket khusus orang tua, dan kami bangga selama empat tahun terakhir, negara bagian Oyo telah berusaha mempertahankan agar kita mendapatkan akomodasi yang paling dekat dengan Haram," tutur dia.

Redaktur : Agus Yulianto
Reporter : Umi Nur Fadhilah