Kuota Haji Pakistan Akhirnya Bertambah
Ahad , 11 February 2018, 09:08 WIB

Republika/Nasih Nasrullah
Jamaah haji asal Pakistan dan India mengambil air zamzam di depan pelataran Masjid al-Haram, Makkah, Ahad (30/7). Manajemen Dua Masjid Suci Nabawi dan Masjid al-Haram, menyediakan air zamzam di berbagai titik.

IHRAM.CO.ID, ISLAMABAD -- Kuota haji untuk Pakistan akhirnya bertambah sekitar 5.000 orang. Menurut sumber dari Kementerian Agama Pakistan, pemerintah Saudi Arabia sudah memberikan konfirmasi.

Dilansir Geo Tv Pakistan, penambahan kuota ini akan didistribusikan untuk haji khusus dan reguler. Setiap kuota disebar ke beberapa operator swasta sesuai dengan kebijakan haji negara.

Dengan peningkatan ini, total sekitar 184.210 jamaah akan melaksanakan ibadah haji 2018. Sebelumnya, Kebijakan Haji 2018 yang disahkan oleh pemerintah federal hanya menyebut 179 ribu kuota.

Meski demikian, Kementerian Agama masih menunda penghitungan aplikasi jamaah haji sejak 26 Januari lalu. Ini karena ketidakjelasan kuota haji untuk operator tur swasta dan perintah pengadilan.

Menteri urusan Agama dan Harmoni Antar-Agama, Khalid Masood mengatakan tiga pengadilan mengeluarkan putusan yang sama untuk penundaan. Alasannya termasuk masalah kuota.

 

Persoalan ini telah menjadi isu kronis Pakistan yang muncul setiap tahun. Sejumlah petisi menolak kebijakan pemerintah terkait pemilihan pelaksana ibadah haji.

Calon jamaah diizinkan memilih untuk menggunakan operator tur swasta atau reguler. Ini difinalisasi melalui pemilihan resmi di pemerintah.

Redaktur : Andri Saubani
Reporter : Lida Puspaningtyas