Republika Kembangkan Aplikasi Ihram
Senin , 22 Januari 2018, 20:33 WIB

Republika/Hartifiany Praisra
Wakil Pemimpin Redaksi Harian Republika, Nur Hasan Murtiaji memperlihatkan aplikasi Ihram di kantor Harian Republika, Senin (22/1). Aplikasi tersebut merupakan panduan bagi jamaah haji dan umrah.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Aplikasi Ihram merupakan pengembangan dari laman Ihram.co.id. Aplikasi ini dapat digunakan bagi jamaah haji dan umrah untuk mendapatkan informasi seputar ibadah haji dan umrah. Tidak hanya informasi yang diberikan di aplikasi, pengguna aplikasi dapat membuat artikel atau bertanya melalui fitur forum.

"Aplikasi serupa dengan Ihram mungkin ada beberapa, namun kelebihannya dari segi news kita unggul. Karena berita yang ada di website Ihram otomatis ada di aplikasi," kata Wakil Pemimpin Redaksi Republika, Nur Hasan Murtiaji ketika ditemui Republika.co.id, Senin (22/1).

Hasan menuturkan, bahwa banyak fitur yang menjadi daya tarik dibandingkan dengan aplikasi lain. Seperti adanya bantuan audio untuk doa-doa dan niat, panduan lengkap mengenai haji dan umrah, hingga dari segi hiburan seperti panduan berbelanja dan kuliner.

Selain itu, dia menyampaikan, bahwa travel haji dan umrah dapat menggunakan aplikasi ini sebagai media sounding atau info mengenai haji dan umrah. Ke depannya, sosialisasi akan dikembangkaan agar travel dan jamaah travel menggunakan aplikasi ini.

"Mungkin butuh waktu untuk sosialisasi dengan travel. Karena edukasi dan pengenalan juga dibutuhkan, nanti kita mengenalkan aplikasi melalui media koran dan online," ujarnya.

Tidak hanya itu, aplikasi tersebut tidak hanya sebatas bagi jamaah haji dan umrah. Karena aplikasi ini dihadirkan bagi siapa saja yang membutuhkan informasi mengenai haji dan umrah. "Tidak ada batasan usia untuk penggunaan aplikasi, jika pengguna terbiasa menggunakan gadget, maka akan mudah menggunakan aplikasi ini," paparnya.

Dia berharap, aplikasi ini akan berguna tidak hanya jamaah haji dan umrah, namun juga untuk travel dan masyarakat yang ingin mengetahui informasi mengenai haji dan umrah. "Harapannya, untuk para jamaah haji dan umrah mudah dalam menjalani ibadah," ujar Hasan.

Ke depannya, aplikasi tersebut akan menambah fitur-fitur lain yang dibutuhkan oleh jamaah haji dan umrah. Seperti hadirnya panic button yang akan ada di aplikasi tersebut untuk membantu jamaah yang terpisah dari rombongan. "Ke depannya masih akan dikembangkan lagi, kita arahkan ini bisa jadi panduan bagi jamaah haji dan umrah," tutupnya.

Aplikasi Ihram kini dapat diunggah melalui Play Store dengan mengetik kata kunci 'Ihram'. Aplikasi ini merupakan aplikasi gratis dan dapat diakses offline atau tanpa menggunakan internet.



Redaktur : Agus Yulianto
Reporter : Hartifiany Praisra