1.000 Orang Ikut Manasik di Kendari
Senin , 15 January 2018, 07:56 WIB

Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah warga mengikuti kegiatan manasik haji. (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,  KENDARI —Sebanyak 1000-an orang lebih dari berbagai Kecamatan di Kota Kendari dan kabupaten di Sulawesi Tenggara mengikuti peragaan rangkaian pelaksanaan ibadah haji dan umrah (manasik) yang diselenggarakan Abu Tours dan Travel Kendari, Ahad (14/1) Rangkaian manasik yang dilaksanakan di Auditorium Poltekes Kendari.

Salah seorang peserta manasik Muhammad Sharir mengatakan, kegiatan manasik haji itu dipandang sangat dibutuhkan bagi calon jamaah haji maupun umrah. Dan ini sebagai bentuk pembekalan sebelum mereka berangkat ke Baitullah.

"Yang terpenting lagi adalah setelah kita melakukan praktik thawaf keliling ka'bah dengan beberapa syarat doa-doa sebanyak tujuh kali, yang proses pelaksanaanya dilakaukan di asrama haji Kendari," ujar Sahrir.

Sementara itu salah seorang ulamah yang juga nara sumber pada manasik, KH Muslim mengatakan, manasik merupakan suatu program yang berguna sebagai  sebelum berangkat ke Tanah Suci. "Program  sangat penting karena manasik selain memberikan pengetahuan tentang tata cara menjalankan haji, juga mengingatkan kembali pengetahuan tentang aturan dan rukun haji dan umrah yang harus diikuti,'" katamya.

Bahkan, Rasulullah pun secara gamblang menyerukan kepada umatnya untuk mengikuti cara manasik yang dia lakukan. Hal ini  terutama kepada para calon jamaah yang masih awam atau belum pernah menjalankannya haji dan umrah.

 

"Para jamaah yang sudah berpengalaman pun bisa ikut andil untuk berbagi ilmu yang semata-mata demi mendekatkan diri kepada Sang Khaliq," ujar KH Muslim.



Redaktur : Muhammad Subarkah
Sumber : antara