Pakistan Sediakan Kuota Haji Khusus Manula dan Berkebutuhan
Sabtu , 13 Januari 2018, 00:27 WIB

Reuters
Muslim Pakistan

IHRAM.CO.ID, LAHORE -- Orang tua lanjut usia dan orang berkebutuhan khusus di Pakistan akan masuk dalam kuota khusus pada pelaksanaan haji 2018. Mereka akan mendapatkan fasilitas khusus sehingga memudahkan peribadahan.

Dilansir Pakistan Observer, Kamis (11/1) Menteri Federal urusan Agama dan Keselarasan Antar Agama, Sardar Muhammad Yousuf mengatakan ada 10 ribu kuota yang disediakan. Sebanyak 5.000 untuk calon jamaah dan 5.000 untuk yang menjaga mereka.

Yousuf mengatakan kuota total untuk tahun 2018 diperkirakan mencapai 120 ribu orang. Sebanyak 60 ribu diantaranya akan digunakan untuk haji khusus dari perusahaan swasta dan sisanya diurus pemerintah.

Menurut Yousuf, 10 ribu kuota akan diberikan pada mereka yang ditolak dua sampai tiga tahun lalu karena alasan terlalu tua atau berkebutuhan khusus. Sejauh ini 2.700 aplikasi untuk haji khusus sudah masuk.

"Akan ada badan khusus yang meninjau aplikasi tersebut dan daftar final segera dikeluarkan," kata dia. Sekitar 763 perusahaan swasta sudah bekerja sama dengan Kementerian Agama terkait ini.

Ia berharap, pemerintah Saudi bisa meningkatkan kuota haji setelah sensus terbaru di Pakistan. Kuota haji ditentukan dari populasi penduduk Muslim di suatu negara.

Redaktur : Esthi Maharani
Reporter : Lida Puspaningtyas