Bagaimana Hukum Berihram di Dalam Pesawat?
Ahad , 03 Desember 2017, 07:03 WIB

Umat Islam dari berbagai negara mengenakan pakaian ihram untuk berumrah.

Anggota lembaga Hai’at Kibar al-Ulama yakni Syaikh Musthaffa az-Zarqa tidak sependapat dengan fatwa yang dikeluarkan oleh lembaga itu. Dalam bukunya  ia menulis bahwa, “Jelas  dari hadits-hadits yang berbicara tentang Miqat Makani bahwa tempat-tempat tersebut tidak mencakup dari segi nash kecuali penduduk tempat-tempat yang disebutkan atau siapa yang melaluinya saja marra ‘alaihi. Dengan demikian yang datang sejajar dengan arah terseebut tanpa melaluinya bukanlah ketetapan berdasarkan nash, tetapi berdasarkan ijtihad.”

Syaihk Musthafa az-Zarqa berpendapat bahwa calon jamaah haji dan umrah yang berkunjung dengan menggunakan pesawat udara tidaklah termasuk kelompok yang penentuan Miqat Makani-nya dicakup oleh hadits-haditas Rasul SAW. Ini tidak ditetapkan karena ketika itu perjalanan melalui udara belum tergambar dalam benak siapa pun, sebagaimana beliau tidak menetapkan Miqat Makani bagi jamaah yang datang dari arah barat. Jika Rasulullah SAW tidak menetapkannya, maka persoalan itu dikembalikan kepada ijtihad para ulama.


Singkatnya menurut az-Zarqa usul agar calon jamaah haji atau umrah mengenakan pakaian ihram mereka di rumah tidaklah realistis. “Bagaimanakah keadaan penduduk negeri dingin yang terkadang suhu udaranya mencapai minus lima derajat celcius? Apakah ini tidak memberatkan mereka?”

Kemudian ia berkata, “Bagaimana jadinya fatwa yang mengharuskan pemakaian pakaian ihram di pesawat jika satu ketika pesawat hanya menempuh beberapa menit untuk seseorang dapat mengganti pakaiannya?”

Persoalan mengenakan pakaian ihram di pesawat adalah masalah khilafiah. Di sisi lain, rasa berat atau sulit dan tidak dapat melaksanakannya, baik di rumah maupun di pesawat merupakan hal yang relatif. Ia boleh jadi berat bagi si A tetapi tidak bagi si B, karena itu persoalan ini dipulangkan kepada masing-masing jamaah. Wallahualam

Redaktur : Muhammad Subarkah
Reporter : Mgrol97