Pemberangkatan SUB 44, Awali Fase Gelombang II ke Madinah
Selasa , 12 September 2017, 13:56 WIB

Republika/Nashih Nashrullah
Jamaah haji SUB 44 diberangkatkan dari Makkah, menuju Madinah, Selasa (12/9)

IHRAM.CO.ID, MAKKAH— Sebanyak 16 kelompok terbang (kloter) jamaah haji Indonesia yang berada di Makkah mulai diberangkat ke Madinah secara bertahap hari ini, Selasa (12/9). 

Keberangkatan Kloter SUB 44 asal Embarkasi Surabaya mengawali pemberangkatan jamaah gelombang II ke kota hijrah Rasulullah SAW tersebut. Awalnya ada 450 jamaah yang akan diberangkatkan. Namun ada tiga orang tertunda berangkat karena  sakit. Satu dirawat di KKHI Makkah, satu di RS An Noor, dan satu orang di RS King Faishal. Dengan demikian total jamaah yang diberangkatkan dari kloter pertama ini sebanyak 447 jamaah.

Pantauan Republika.co.id, jamaah telah siap diberangkatkan dari Hotel Tharwat Zamzam, Sektor 11, Syisyah Raudhah, Makkah, sejak sebelum shalat shubuh. Mereka menunggu di lobi bagian bawah dengan telah menyiapkan barang bawaan mereka. 

Jadwal pemberangkatkan diagendakan pukul 06.00 wakwtu Arab Saudi (WAS). Namun, armada bus mengalami keterlambatan hingga 45 menit dari jadwal semula. Menurut Kabid Trasnportasi PPIH Arab Saudi, Subhan Cholid, mengatakan keterlambatan tersebut dikarenakan pada hari pertama ini, ada adiminstrasi yang harus diselesaikan antara Naqabah (Organda Arab Saudi), perusahaan bus, dan pihak maktab. Kendati demikian, dia memastikan keterlambatan ini tak akan memengaruhi pelaksanaan sunat arba’in jamaah haji di Madinah. 

Dia menjelaskan sebanyak 150 armada bus dari enam perusahaan disiapkan untuk mengangkut pemberangkatan jamaah hari ini. Keseluruhan armada telah disiagakan dengan kualitas yang telah diupgrade.  

Menurut Subhan, total pemberangkatan jamaah gelombang II dari Makkah ke Madinah ini ada 2600-an bus. Untuk memastikan kualitas layanan, pihaknya mengadakan evaluasi tiap pengujung hari lalu mengomunikasikannya kepada perusahaan pengadaan bus.”Tiap akhir hari akan ada evaluasi,” kata dia kepada wartawan Republika.co.id, Nashih Nashrullah, dari Makkah, Arab Saudi, Selasa (12/9) seperti dilaporkan wartawan Republika.co.id, Nashih Nashrullah, dari Makkah, Arab Saudi.     

 

Selain SUB 44, dua kloter lain dari Embarkasi Surabaya (SUB 44-46), empat kloter Embarkasi Solo (SOC 48 - 51), empat kloter Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS 48-51), masing-masing satu kloter dari Embarkasi Batam (BTH 14), Embarkasi Palembang (PLM 09), Jakarta-Pondok Gede (JKG 30), Embarkasi Padang (PDG 14), dan Embarkasi Lombok (LOP 01). Jadwal terakhir pemberangkatan hari ini ke Madinah hingga pukul 18.30  WAS.

 

Redaktur : Nasih Nasrullah