Pemprov Klaim Penyelenggaraan Haji di Lampung Lancar
Senin , 11 Sep 2017, 17:10 WIB

Istimewa/Media Center Haji
Jamaah haji asal Lampung yang tergabung dalam kloter JKG 14 beristirahat dengan menyelonjorkan kaki saat tiba tiba di Paviliun Haji Bandara Amir Mohammad Bin Abdul Azis, Madinah, Arab Saudi, Jumat (4/8).

IHRAM.CO.ID,  BANDAR LAMPUNG –- Setelah menyambut kedatangan 390 jamaah haji dari Makkah, Asisten II Bidang Pemerintah dan Kesra Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung Heri Suliyanto menyatakan, penyelenggaraan haji dari berangkat hingga kembali pulang ke Lampung berjalan lancar dan aman.

Sebanyak 390 dari 393 jamaah haji tergabung dalam kloter 6 kembali ke kampung halaman melalui Bandara Radin Inten II Lampung, Ahad (10/9) petang.  Pemulangan perdana jamaah haji asal Lampung tersebut juga disambut Kepala Kanwil Kemenag Lampung Suhaili.

Menurut Heri, biasanya setelah pemberangkatan jamaah calon haji lancar, maka pemberangkatan seterusnya juga akan berjalan lancar dan aman. Begitu juga sebaliknya, pemulangan perdana jamaah haji dari Tanah Suci ke Lampung berjalan lancar, maka selanjutnya juga berlangsung lancar tanpa ada keterlambatan dan masalah. “Pemulangan perdana lancar-lancar saja,” katanya, Senin (11/9).

Heri berharap tahun depan, jamaah calon haji akan berangkat dari Bandara Radin Inten II Branti Lampung langsung menuju Jeddah, Arab Saudi, karena status bandara akan berubah dari bandara embarkasi haji antara menjadi bandara embarkasi haji penuh.

Selama menjadi bandara embarkasi haji antara, Heri menyatakan jamaah berangkat dan pulang transit dahulu di Bandara Soekarno-Hatta atau Bandara Halim Perdanakesuma. Pemprov Lampung bertekad tahun 2018 jamaah sudah bisa berangkat langsung ke Jeddah dan sebaliknya langsung pulang ke Lampung.

Setelah tiba di Bandara Radin Inten II, ratusan jamaah haji yang pulang perdana, diantar menggunakan bus menuju Asrama Haji di Kompleks Islamic Center, Rajabasa, Bandar Lampung. Sejumlah keluarga jamaah telah berkumpul pada pagi hingga petang menanti kedatangan jamaah pertama asal Lampung yang tiba kembali di Bandar Lampung.

Jamaah tersebut berangkat dari Jeddah, Arab Saudi pada Sabtu (9/9) pukul 19.20 Waktu Arab Saudi. Tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Ahad (10/9). Sebanyak 390 jamaah haji tersebut berasal dari Kabupaten Lampung Tengah. Sisa tiga jamaah haji lainnya, seorang jamaah meninggal di Tanah Suci, dua orang lagi belum bisa pulang karena sakit.

Kepala Kanwil Kemenag Lampung Suhaili mengatakan, total jamaah haji asal Lampung yang pulang perdana sebanyak 390 orang, terdiri dari 181 lelaki dan 204 perempuan dan ditambah lima petugas medis, dokter TPIH dan TPHI. “Jamaah dibawa dengan sembilan bus menuju Asrama Haji Rajabasa,” katanya.

Suhaili berharap dengan kepulangan jamaah haji asal Lampung perdana ini dengan lancar dan aman, maka pemulangan jamaah kloter selanjutnya juga akan lancar dan aman. “Alhamdulillah, semua jamaah bisa kembali dengan sehat dan selamat,” ujarnya.

Dari rombongan kloter 6 yang berangkat akhir Juli lalu dan tiba di Lampung kembali pada Ahad (10/9), terdapat seorang yang meninggal atas nama Muhammad Sobri. Sedangkan, dua orang masih sakit di Tanah Suci bernama Suyadi bin Mukanan, dan Juminah binti Wirodimejo. Keduanya masih dirawat di Kantor Kesehatan Haji Indonesia, Makkah, Arab Saudi.

Redaktur : Endro Yuwanto
Reporter : Mursalind Yasland

BERITA LAINNYA