Malam Ini, MA Arab Saudi Putuskan Awal Dzulhijah
Selasa , 22 Agustus 2017, 11:31 WIB

saudigazette.com
Kemunculan bulan sabit.

IHRAM.CO.ID, RIYADH =- Mahkamah Agung Arab Saudi telah mengumumkan bahwa bulan sabit Dzulhijah  belum terlihat pada Senin malam kemarin (21/8).

Untuk itu pengadilan akan bertemu lagi pada Selasa malam ini (22/8) untuk mengeluarkan keputusan terkait penampakan bulan sabt Dzulhijah ini, “kata pengadilan tersebut dalam sebuah pernyataan yang dibawa oleh Saudi Press Agency pada Senin malam ini.

Beberapa hari yang lalu, pengadilan meminta semua umat Islam di Kerajaan Arab Saudi untuk melihat bulan sabit  sebagai penanda awak dari musaknya bulan Dhullhijah. Ini karena menurut kalender  pada hari tersebut, yakni  Senin 29 Dzulqaidah.

 


Dikatakan bahwa siapa pun yang melihat bulan sabit baru dengan mata telanjang atau melalui binokuler harus melapor ke pengadilan terdekat dan mendaftarkan kesaksiannya.

Keputusan awal masuknya buan Ramadhan menjadi sangat penting sebab terkait dengan penyelenggaraan ibadah haji. Dengan telah adanya keoutusan  tersebut  maka keastian mengenai hari dan tanggal  bagi jamaah haji untuk melakukan ibadan di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armina) akan segera diputuskan.

Redaktur : Muhammad Subarkah