Kementerian Kesehatan Arab Saudi Waspadai Wabah Kolera
Kamis , 29 Jun 2017, 12:11 WIB

Prezi
Bakteri kolera.

IHRAM.Co.ID, RIYADH - Kementerian Kesehatan Arab Saudi mengatakan telah melakukan beberapa tindakan untuk mencegah penyebaran berjangkitnya wabah kolera di Kerajaan dari negara-negara tetangga.

Seperti dilansir Saudigazette.com, sejauh ini tidak ada kasus kolera yang terdaftar di Arab Saudi.

Juru bicara Kementerian Kesehatan Mishal Al-Rubaian mengatakan bahwa langkah-langkah tersebut bertujuan untuk memantau dan mendiagnosis kasus yang dicurigai serta menerapkan langkah-langkah pencegahan dan penyembuhan.

Langkah-langkah tersebut mencakup memantau situasi di negara-negara yang terkena dampak melalui badan-badan internasional dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada setiap harinya, menyebarkan kesadaran di antara petugas kesehatan dan masyarakat pada umumnya dan mendorong mekanisme pemantauan.

Al-Rubaian menambahkan bahwa kementerian tersebut berkoordinasi dengan pihak berwenang terkait untuk memantau tingkat perlindungan lingkungan di daerah perbatasan dan melaksanakan kampanye kesadaran kesehatan. Pusat Komando dan Kontrol harus segera diinformasikan pada semua kasus yang mencurigakan, katanya.

Sebuah paket tindakan pencegahan harus dilaksanakan pada kasus yang mencurigakan dan siapa saja yang berbaur dengan mereka, tambahnya.

Komite dari Kementerian Kesehatan berkoordinasi dengan pasukan gabungan di perbatasan selatan mengadakan beberapa pertemuan berkala dengan pemerintah daerah untuk menyusun rencana yang sesuai dan mengambil semua tindakan pencegahan yang diperlukan. Tujuannya juga untuk memantau situasi di lapangan di semua provinsi dan gubernur di wilayah perbatasan selatan.

Kementerian Kesehatan telah meluncurkan kampanye penyadaran melawan kolera di desa-desa, kota-kota dan kota-kota di bagian selatan Kerajaan setelah wabah penyakit terburuk di negara tetangga Yaman dalam beberapa tahun terakhir.

Kementerian ini mendistribusikan leaflet bimbingan melalui semua sarana komunikasi, termasuk media sosial, untuk memberi tahu masyarakat tentang gejala penyakit dan bagaimana mencegahnya.

WHO telah memperingatkan negara-negara tetangga negara-negara dengan wabah kolera dan meminta mereka untuk meningkatkan kewaspadaan mereka terhadap infeksi lintas batas. Ini menekankan bahwa pemantauan harus didukung untuk memperbarui data untuk mengevaluasi bahaya kemungkinan wabah dan untuk membantu dalam deteksi dininya.

Redaktur : Muhammad Subarkah

BERITA LAINNYA