Ghana Tetapkan Biaya Haji 2017 Sebesar 3.450 Dolar AS
Kamis , 16 Mar 2017, 12:42 WIB

twiteacher.com
Haji Ghana (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, ACCRA -- Kantor Urusan Jamaah Ghana (PAOG) telah mengumumkan biaya penyelenggaraan haji di negara tersebut untuk musim haji 2017. Ketua PAOG Syekh IC Quaye mengatakan, biaya tersebut sudah mencakup penerbangan, akomodasi, makanan, dan layanan transportasi selama di Arab Saudi.

"Tahun ini kuota haji Ghana 6.200 orang. Masing-masing calon jamaah akan membayar 3.450 dolar AS," ujarnya seperti dikutip dari Ghana News Agency, Rabu (15/3) waktu setempat.

Pembayaran akan didasarkan pada konsep 'siapa yang pertama datang, itulah yang pertama kali akan dilayani'. Pembayaran tidak akan diterima apabila sudah melebihi batas waktu yang ditentukan.

Quaye mengatakan, enam penerbangan akan mengudara dan memberangkatkan calon jamaah haji dari sektor utara Bandara Internasional Tamale. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kepadatan di Accra. Pembayaran dapat dilakukan melalui Unibank Ghana Limited

"Pembayaran dapat dilakukan langsung. Baik untuk Unibank Ghana Limited atau perusahaan travel haji dan umrah yang telah berizin," ujarnya.

Dikatakan Quaye, beberapa inovasi telah diperkenalkan untuk mengurangi beban jamaah baik di Ghana maupun Saudi. Termasuk, tanda akomodasi yang diidentifikasi, serta makanan saat tiba di Madinah dan sebelum keberangkatan di Jeddah.

Quaye meminta, calon jamaah menyimpan tanda terima pembayaran untuk verifikasi pendaftaran dan menghindari pembayaran kepada individu tertentu. Dia juga mengimbau, calon jamaah dan masyarakat untuk mematuhi batas waktu pembayaran untuk menghindari ketidaknyamanan apapun.

"Calon jamaah haji yang tidak memiliki paspor diminta segera memrosesnya untuk memperoleh visa dan menjalani vaksinasi untuk kartu kuning," ujarnya.

Redaktur : Agus Yulianto
Reporter : Qommarria Rostanti