Musim Haji 2017 Embarkasi Palembang Siapkan 17 Kloter
Sabtu , 25 Feb 2017, 04:19 WIB

Republika/Wihdan Hidayat
Calon jamaah haji. (ilustrasi)

PALEMBANG --- Kuota calon jamaah haji Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) pada musim haji 1438 H/2017 berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 75 Tahun 2017 mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya.

“Pada musim haji tahun ini Menteri Agama telah menetapkan kuota jamaah haji dari Sumsel sebanyak 7.035 jamaah yang terdiri dari 6.988 orang calon jamaah haji dan 47 orang tim pemandu haji daerah atau TPHD,” kata Kepala Sub Bagian Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sumsel Saefudin Latif, Rabu (22/2).

Pada musim haji musim haji 1438 H/2017 menurut Saefudin Latif kuota jamaah haji Sumsel mengalami kenaikan dibanding musim haji tahun lalu sebanyak 5,040 jamaah.

“Jumlah kuota tahun ini juga mengalami peningkatan dibanding kuota sebelum mendapat potongan jamaah 20 persen sebanyak 6.300 jamaah. Berarti musim haji 1438 H kuota haji jamaah Sumsel bertambah 735 jamaah,” ujarnya.

Kenaikan kuota jamaah haji asal Sumsel tersebut berimbas pada penambahan jumlah kelompok terbang (kloter) dari embarkasi Palembang melalui bandara internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II. Embarkasi Palembang selain melayani jamaah haji dari Sumsel juga melayani keberangkatan dan kepulangan jamaah haji dari Provinsi Bangka Belitung.

“Dengan penambahan kuota akan ada penambahan kloter. Pada musim haji tahun lalu jamaah embarkasi Palembang menggunakan maskapai Saudi Arabia Airlines dengan pesawat berkapasitas 460 penumpang. Dengan kuota Sumsel 7.035 jamaah ditambah kuota Babel 1.069 jamaah, maka diperkirakan jamaah embarkasi Palembang akan diberangkatkan dalam 17 kloter,” kata Saefudin Latif.

Menurut Saefudin, seperti musim haji sebelumnya, jumlah kloter dari embarkasi Palembang akan dibagi menjadi dua gelombang. “Gelombang pertama dijadwalkan mulai terbang 28 Juli hingga 11 Agustus 2017. Disusul gelombang kedua yang akan terbang pada 12 Agustus hingga  26 Agustus. Kemudian jamaah haji embarkasi Palembang kloter pertama dijadwalkan tiba di tanah air 6 September 2017.

“Mengenai pesawat dari maskapai mana yang akan menerbangkan calon jamaah haji embarkasi Palembang sampai saat ini belum ada informasi dan keputusan dari Kementerian Agama. Apakah akan menggunakan maskapai Saudi Arabia Airlines atau kembali menggunakan Garuda Indonesia?”ujar  Kepala Sub Bagian Humas Kanwil Kemenag Sumsel. //Maspril Aries//