Kiai Didin: Semoga Calon Haji Daftar Tunggu Lebih Cepat ke Tanah Suci
Jumat , 13 Jan 2017, 11:22 WIB

REUTERS/Ahmed Jadallah
Ribuan jamaah dari seluruh dunia melakukan tawaf di Masjidil Haram. REUTERS/Ahmed Jadallah

IHRAM.CO.ID, BOGOR – Kembalinya kuota jamaah haji Indonesia dan tambahan kuota dari Pemerintah Arab Saudi disambut gembira oleh kaum Muslimin Indonesia. Salah satunya adalah ulama kondang Prof Dr KH Didin Hafidhuddin MS.

“Alhamdulillah. Semoga calon haji yang masuk daftar tunggu bisa lebih cepat berangkat ke Tanah Suci. Selanjutnya, daftar tunggu pun makin pendek,” kata Kiai Didin Hafidhuddin kepada Republika.co.id, Jumat (13/1/2017).

Guru besar IPB Bogor itu berharap pemerintah terus memperbaiki pelayanan kepada jamaah. “Alhamdulillah kuota haji sudah pulih, dan ada tambahan kuota dari Pemerintah Arab Saudi. Tentunya kita berharap pemerintah Indonesia terus meningkatkan pelayanannya kepada para jamaah haji Indonesia,” ujar direktur Pascasarjana Universitas Ibnu Khaldun (UIKA) Bogor itu.

Pemerintah Kerajaan Arab Saudi menepati janjinya mengembalikan kuota jamaah haji seperti semula pada musim haji tahun ini. Khusus untuk Indonesia, kuota pun dipulihkan dari 168.800 orang menjadi 211 ribu orang.

Tidak hanya itu, Pemerintah Arab Saudi juga menambah kuota jamaah haji Indonesia sebanyak 10 ribu orang. “Dengan demikian, kuota haji untuk Indonesia pada 2017 dari 168.800 menjadi 221 ribu. Dengan demikian, Indonesia memperoleh kenaikan sebesar 52.200,” ujar Presiden Joko Widodo  saat memberikan keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (11/1/2017).

Redaktur : Irwan Kelana

BERITA LAINNYA