Friday, 17 Sya'ban 1441 / 10 April 2020

Friday, 17 Sya'ban 1441 / 10 April 2020

Erdogan: Turki akan Balas Serangan di Idlib Suriah

Senin 03 Feb 2020 16:43 WIB

Red: Nur Aini

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan

Foto: AP Photo/Emrah Gurel
Empat tentara Turki tewas dalam serangan di Idlib, Suriah.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Presiden Tayyip Erdogan pada Senin mengatakan Turki akan terus membalas serangan terhadap pasukannya di kawasan Idlib Suriah. Hal itu setelah pemerintah menyebutkan empat tentara Turki tewas dan sembilan tentara lainnya terluka akibat penembakan sengit oleh pemerintah Suriah.

Baca Juga

"Kami telah merespons baik serangan-serangan ini dan akan terus melakukan aksi balasan, apakah itu dengan artileri atau pun mortir milik kami. Kami memutuskan untuk melanjutkan operasi kami demi keamanan negara kami, rakyat serta saudara kami di Idlib," kata Erdogan kepada awak media di Istanbul.

"Mereka yang mempertanyakan tekad kami akan langsung memahami bahwa mereka melakukan sebuah kesalahan," kata Erdogan.

Turki, yang menampung 3,6 juta pengungsi dari Suriah, mengkhawatirkan gelombang migran baru dari Idlib. Pihaknya memiliki 12 pos pemantau di seluruh kawasan tersebut, yang dibentuk berdasarkan kesepakatan 2017 dengan Rusia dan Iran. Sejak saat itu beberapa pos pemantau di antaranya dikepung oleh pasukan pemerintah Suriah.

Penembakan oleh pasukan pemerintah Suriah dilakukan "terhadap elemen-elemen kami yang dikirim sebagai bala bantuan untuk mencegah bentrokan di Idlib, meski posisi mereka dikoordinasikan sebelumnya," bunyi pernyataan Kementerian Pertahanan Turki.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA