Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Main Biola di Depan Mahasiswi, Guru Asing di Saudi Dipecat

Rabu 23 Dec 2015 17:34 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah

Biola/ilustrasi

Biola/ilustrasi

Foto: chicagofree.info

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Seorang guru asing diberhentikan karena bermain biola di depan siswa perempuannya di Prince Mohammed University (PMU), Arab Saudi, Selasa (23/12). Mahasiswa perempuan hanya boleh berinteraksi dengan guru perempuan, menurut hukum agama Kerajaan Teluk itu.

Guru tersebut bukan warga Arab Saudi dan baru dua bulan bekerja di sana. Video saat ia bermain alat musik telah jadi kontroversi setelah diunggah ke YouTube dan dilihat ribuan orang. Al Ansari dari PMU membela keputusan institusi pendidikan itu.

"Insiden ini melanggar kebijakan formal universitas, tidak sesuai dengan sistem dan regulasi Kementerian Pendidikan," kata dia, dikutip Express.

Menurut Al Ansari, universitas-universitas di Saudi telah mengadakan pelatihan bagi para guru asing terkait peraturan di Saudi.

Salah seorang siswi PMU, Nadia Al Qahtani mengatakan sang guru yang tidak disebutkan namanya itu baru dan tidak peduli dengan tradisi lokal. "Universitas memiliki reputasi yang bagus dan semua siswa bahagia dengan itu, namun melihat isu percampuran gender, ini menandakan terbatasnya pemikiran," kata dia. Menurutnya, tidak semua percampuran dilarang.

Baca juga:

Wow, Perempuan Ini Terima Ganti Rugi Rp 1 Miliar dari Google

9 Bencana Industri Paling Tragis di Cina

Terjebak Banjir, Pria Ini Jalan Kaki 40 Km Cari Bantuan

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA