Monday, 15 Ramadhan 1440 / 20 May 2019

Monday, 15 Ramadhan 1440 / 20 May 2019

Erdogan: Hagia Sophia akan Jadi Masjid, tidak Lagi Museum

Kamis 28 Mar 2019 11:53 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Nur Aini

Mueseum Hagia Sophia di Turki

Mueseum Hagia Sophia di Turki

Hagia Sophia selama ini menjadi sebuah museum.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL — Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan sudah waktunya untuk kembali menjadikan Hagia Sophia sebagai sebuah masjid. Ia menilai telah terdapat kesalahan membuat bangunan yang merupakan salah satu ikon negara itu menjadi sebuah museum.

Baca Juga

“Hagia Sophia tidak akan disebut sebagai museum. Kami akan mencabut status itu dan menyebutnya sebagai sebuah masjid,” ujar Erdogan dilansir VOA, Kamis (28/3).

Sebelumnya, Hagia Sophia merupakan sebuah gereja dan kemudian menjadi masjid. Setelah itu, bangunan bersejarah itu pun diputuskan untuk menjadi sebuah museum.

Hagia Sophia kerap menjadi perdebatan antara umat beragama, khususnya Muslim dan umat kristiani. Bangunan yang dibangun pada abad keenam itu diubah menjadi museum saat Turki berada di bawah pemerintahan sekuler, yang pada akhirnya memungkinkan semua orang dari berbagai agama mengunjunginya.

Erdogan mengatakan siapapun yang datang ke Hagia Sophia berarti mereka telah datang ke sebuah masjid. Selama ini, bangunan tersebut menjadi tujuan utama para wisatawan yang berkunjung ke Turki.

Pernyataan Erdogan untuk menjadikan Hagia Sophia sebagai masjid dinilai akan kembali menimbulkan ketegangan antar-umat bergama. Secara khusus adalah antara Turki dan Yunani, di mana kedua negara dikenal bermusuhan di masa lampau, termasuk dalam sejarah bangunan tersebut.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA