Senin, 11 Rabiul Awwal 1440 / 19 November 2018

Senin, 11 Rabiul Awwal 1440 / 19 November 2018

Ini Sosok Profesor yang Diduga Memutilasi Khashoggi

Kamis 18 Okt 2018 05:01 WIB

Red: Teguh Firmansyah

Jamal Khashoggi

Jamal Khashoggi

Foto: Instagram/@jkhashoggi
Saudi membantah klaim pejabat keamanan Turki soal pembunuhan Khashoggi.

REPUBLIKA.CO.ID, Nama Salah Muhammad al-Tubaigy menjadi sorotan internasional setelah dikaitkan dengan hilangnya jurnalis Saudi, Jamal Khashoggi. Dalam rekaman yang beredar, ia disebut menjadi sosok penting pelaku mutilasi Khashoggi.

Sumber Middle East Eye yang mendengar rekaman itu mengatakan, al-Tubaigy melakukan aksi kejinya sambil mendengarkan musik memakai earphone. Ia pun meminta teman-temannya yang lain untuk melakukan hal sama.

"Ketika saya melakukan pekerjaan ini, saya mendengarkan musik, kalian harus melakukannya juga," ujar Tubaigy yang melakukan aksinya itu di gedung Konsulat Saudi.

photo

Khashoggi

Rekaman itu belum bisa terkonfirmasi kebenarannya. Namun Pejabat Saudi telah berulangkali membantah ada pembunuhan di gedung konsulat.  

Baca juga, Ini Detik-Detik Hilangnya Khashoggi di Konsulat Saudi.

Lantas siapakah Tubaigy?

Sumber Turki mengatakan kepada New York Times bahwa Tubaigy dilengkapi dengan alat gergaji tulang saat menjalan aksinya. Ia terdaftar sebagai Presiden Perhimpunan Patologi Forensik Saudi. Ia juga anggota dari Asosiasi Forensik Patologi Saudi.

Pada 2014, surat kabar Saudi berbasis di London, Asharag al-Awsat mewawancarai Tubaigy tentang 'klinik berjalan' yang memungkinkan koroner bisa melakukan autopsi dalam waktu tujuh menit untuk mengetahui penyebab kematian jamaah haji.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES