Friday, 14 Sya'ban 1440 / 19 April 2019

Friday, 14 Sya'ban 1440 / 19 April 2019

Pesawat Militer Rusia Hilang, Siapa yang Menembak?

Selasa 18 Sep 2018 16:36 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah

Jet tempur Rusia (ilustrasi)

Jet tempur Rusia (ilustrasi)

Foto: Reuters
Pesawat hilang tepat ketika jet Israel menyerang Provinsi Latakia, Suriah.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Pesawat militer Rusia Ii-20 berpenumpang 14 orang  hilang di laut tengah. Salah seorang pejabat Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pesawat itu hilang dari radar tepat ketika pesawat tempur F-16 milik Israel lepas landas dengan bertujuan menyerang Provinsi Latakia, Suriah.

"Pada 17 September, sekitar pukul 11.00 waktu Moskow, koneksi dengan kru pesawat Il-20 putus di Laut Tengah ketika pesawat tersebut kembali ke pangkalan Khmeimim, 35 kilometer dari laut Suriah," kata pejabat Kementerian Pertahana Rusia tersebut, seperti dilansir dari TASS, Selasa (18/9)/

Sampai saat ini nasib pesawat militer Rusia tersebut belum diketahui. Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan Il-20 hilang dari radar tepat ketika empat pesawat tempur F-16 milik Israel menyerang Latakia.

Aljazirah melaporkan, Pemerintah Suriah menembak jatuh pesawat yang salah ketika Israel menyerang. Juru bicara militer Israel menolak memberi pernyataan tentang hal ini.  "Pada saat bersamaan, radar Rusia menangkap peluncur misil dari kapal pengawal Prancis, Auvergne, yang mana berada di area itu juga," kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Baca juga, Assad: Konflik Suriah, Perang Internasional.

Saat ini pangkalan udara Rusia di Hmeymim tengah melakukan operasi pencarian dan penyelamatan. Juru bicara Pentagon mengatakan AS tidak terlibat dan tidak mau memberikan detail yang lebih jauh lagi.  "Milis tersebut tidak ditembakan oleh militer AS dan kami tidak memiliki apa-apa lagi sejauh ini," kata salah satu juru bicara Pentagon. 

Ini bukan pertama kali pesawat militer Rusia ditembak jatuh sejak mereka terlibat perang di Suriah pada 2015 lalu.

Pada November 2015 Turki juga menembak jatuh pesawat Rusia yang melintasi batas Turki-Suriah. Hal ini menyebabkan ketegangan diplomatik antara kedua negara tersebut.

Pada 2016 Pesawat Kementerian Pertahanan Rusia Tu-154 yang membawa 92 orang dari Bandari Sochi menuju pangkalan udara Khemeimim juga jatuh. Seluruh penumpang dalam pesawat tersebut dinyatakan tewas. Pada Febuari tahun ini, pemberontak Suriah juga menjatuhkan pesawat jet Sukhoi 25 yang melintasi Provinsi Idlib.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA