Monday, 3 Rabiul Akhir 1440 / 10 December 2018

Monday, 3 Rabiul Akhir 1440 / 10 December 2018

Ini Sosok yang Berpeluang Jadi Lawan Erdogan

Rabu 02 May 2018 04:03 WIB

Red: Teguh Firmansyah

Recep Tayyip Erdogan

Recep Tayyip Erdogan

Foto: EPA
Karamollaoglu perlu mengumpulkan 100 ribu tanda tangan untuk mengikuti pemilihan.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Partai Islam kecil Turki pada Selasa (1/5) mengatakan akan mengajukan calon dalam pemilihan dini presiden pada 24 Juni.

Partai Saadet atau Partai Kebahagiaan, yang tidak pernah menerima cukup suara untuk memasuki parlemen sejak dibentuk pada 2001, mencalonkan ketuanya, Temel Karamollaoglu. Jika memenuhi persyaratan, Karamollaoglu akan berhadapan dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Karamollaoglu perlu mengumpulkan 100 ribu tanda tangan pada 9 Mei untuk pemilihan itu agar disetujui Dewan Pemilihan Tinggi Turki.

Partai Saadet memiliki akar yang sama dengan AKP dari kelompok Islam. Pengamat mengatakan, masuknya mereka dalam pertarungan politik membantu oposisi dengan menarik pemilih dari basis AKP dan memaksa putaran kedua diadakan pada pemungutan suara.

"Di antara oposisi, terlihat bahwa hanya dan hanya Partai Saadet yang dapat menyentuh pemilih konservatif dan religius," kata ketua jajak pendapat Gezici, Murat Gezici.

Dia mengatakan, jajak pendapat terbaru menunjukkan bahwa Partai Saadet memiliki 1-2 persen dari total suara. Namun, partai itu disebut dapat menarik hingga 8-10 persen pemilih AKP.

Untuk menang pada babak pertama, seorang kandidat membutuhkan lebih dari 50 persen suara. Jajak pendapat menunjukkan putaran kedua kemungkinan akan terjadi dan akan diadakan pada 8 Juli jika perlu.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES