Friday, 6 Zulhijjah 1439 / 17 August 2018

Friday, 6 Zulhijjah 1439 / 17 August 2018

Turki Kerahkan 60 Ribu Tentara ke Negara Sekutu

Jumat 19 January 2018 04:45 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah

Militer Turki

Militer Turki

Foto: AP
Turki Berencana Lebih Banyak Menyebarkan Tentara

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Sebanyak 60 ribu tentara bersenjata Turki akan dikerahkan di empat pangkalan militer di luar negeri. Hal ini sesuai dengan rencana baru Turki untuk 2022. Rencana tersebut baru saja dirampungkan Dewan Keamanan Nasional.

Dengan rencana itu juga, Turki akan segera melaksanakan kepentingan militer dan komersial Turki demi memberikan dukungan kepada beberapa sekutunya, demikian dilaporkan Middle East Monitor, Kamis (18/1).

Laporan tersebut juga menyatakan saat ini Turki telah memiliki 3.000 tentara yang ditempatkan di sejumlah wilayah. Misalnya, daerah dekat Laut Merah, di Somalia, dan sebuah pangkalan militer di Pulau Suakin di Sudan. Pangkalan ini disebut mampu menampung sekitar 20 ribu personel militer selama lima tahun.

Sedangkan, sebanyak 200 tentara Turki telah dikerahkan di Somalia pada Oktober 2017 untuk melatih tentara negara tersebut. Tak hanya itu, Turki juga sudah lama menempatkan ratusan tentaranya di pangkalan militer Qatar bernama Al-Udeid setelah melakukan blokade di sana.

Turki pun berencana menyebarkan lebih banyak tentaranya. Namun penambahan pasukan ini belum dipublikasikan. Meski begitu, Qatar sudah mengumumkan perusahaan komersial Turki akan diprioritaskan untuk mengurus penyelenggaraan Piala Dunia 2022.

Ajang pertandingan sepak bola terbesar di dunia itu akan berlangsung di ibu kota Qatar, Doha. Ada sebanyak 112 perusahaan dari berbagai sektor akan menghadiri Expo Turkey yang digelar Qatar dengan bekerja sama Asosiasi Pekerja Industri dan Independen Turki (MUSIAD). Perusahaan Turski dan Qatar pun telah menandatangani perjanjian bisnis senilai 60 juta dolar.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

REPUBLIKA TV

Republika.co.id

Jumat , 17 August 2018, 09:58 WIB