Thursday, 7 Jumadil Awwal 1444 / 01 December 2022

Foto Pemimpin Alqaidah Sedang Santai di Istana Yaman Beredar di Dunia Maya

Ahad 05 Apr 2015 16:43 WIB

Rep: c05/ Red: Bilal Ramadhan

Salah satu pemimpin Alqaidah, Khalid Saeed Batarfi sedang santai di Istana Yaman

Salah satu pemimpin Alqaidah, Khalid Saeed Batarfi sedang santai di Istana Yaman

Foto: Al Arabiya

REPUBLIKA.CO.ID, YAMAN— Saat ini di dunia maya beredar foto pemimpin Alqaidah di Yaman tampak  bersantai di Istana Yaman. Hal ini terjadi setelah tahanan Alqaidah di kabur dari Penjara Mukalla.

Dalam salah satu gambar, Khalid Saeed Batarfi, seorang pemimpin senior Alqaidah di Semenanjung Arab (AQAP), muncul duduk di istana gubernur di kota Mukalla. Di foto itu dia juga tampak  berpura-pura sedang menelepon dan memegang senjata.

Dalam foto lain, Batarfi yang terlihat berdiri di atas bendera Yaman dalam bangunan yang ditinggalkan. Sejauh ini Al Arabiya News belum bisa memverifikasi kebenaran gambar itu. Batarfi, yang dipenjara oleh pejabat Yaman, dilaporkan dibebaskan Kamis (2/4) bersama dengan 300 narapidana lainnya dari Penjara Pusat Mukalla.

Saat itu  anggota AQAP menyerbu gedung dengan senapan mesin dan peluncur roket. Setelah mengambil alih penjara, kelompok tersebut menulis pesannya di Twitter dan Facebook. “Semua saudara telah dibebaskan, termasuk Sheikh Batarfi yang kini di antara saudara-saudaranya, segala puji bagi Allah" ujar Alqaidah melalui media maya.

Batarfi dikenal sebagai Komandan Alqaidah yang punya peran sentral di Yaman. Dia dikenal selama pertempuran antara tahun 2011-2012 dimana saat itu terjadi pertempuran antara Alqaidah dengan Pasukan pemerintah Yaman. Saat periode itu Alqaidah menguasai bagian besara selatan dan timur Yaman.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA